Menu

2+ Penyebab Kerusakan Layar TV Garis Vertikal atau Horizontal

Membahas mengenai kerusakan televisi rusak bergaris vertikal rasanya mengingatkan kita pada permasalahan yang sering muncul sehingga perlu tahu penyebab tv hanya garis horizontal, entah itu tv led, lcd, atau bahkan televisi model lawas yang menggunakan tabung sebagai komponen utama untuk layarnya. Televisi rusak garis-garis ini seringkali dijumpai dan kadang ketika kita memukul dengan hentakan keras pada tv maka gambar kembali normal, namun sebaliknya kadang kumat lagi. Seperti ada bagian yang renggang, lantas apa yang menyebabkan kerusakan seperti ini?

Ada beberapa macam komponen yang rusak terkait gejala yang timbul dari televisi garis tersebut, seringkali kita tidak menyadari bahwa itu adalah hal kecil sampai dengan gejala berat yang memerlukan penanganan lebih rumit. Maka dari itu ada baiknya mencari tahu cara memperbaiki tv rusak bergaris vertikal atau malah hanya garis horizontal yang muncul. Sehingga tidak ada lagi rasa ingin tahu yang mengganggu kita dalam menemukan kerusakan tersebut supaya tidak merembet kemana-mana.

 

Kerusakan layar garis pada televisi berdasarkan jenisnya

Misalnya pada tv led, mengalami kerusakan gambar hanya garis-garis warna merah atau biru, ini menunjukkan kerusakan tertentu yang berhubungan dengan komponen layar pada televisi tersebut. Lain halnya kalau itu terjadi pada tv yang menggunakan komponen crt sebagai komponen utamanya, tentu bagian yang mengalami kerusakan juga berbeda.

Maka sebelum menangani lebih jauh, kita patut memahami terlebih dahulu sehingga tidak terkecoh dengan gejala kerusakan yang timbul, yang akhirnya malah memperburuk keadaan ketika kita salah dalam menangani kerusakan yang ada.

 

Kerusakan layar bergaris pada televisi LED atau LCD

Hal ini sering timbul bahkan tidak hanya satu garis, kadang muncul garis-garis dengan warna tertentu pada layar televisi. Ini menunjukkan bahwa terjadi sesuatu yang tidak normal pada bagian yang menuju blok gambar dari televisi tersebut.

Misalnya kerusakan pada blok vertikal, ada capasitor atau resistor yang rusak, maka mengakibatkan munculnya gambar pada layar hanya garis horizontal saja. Atau ada komponen layar yang mengalami kerusakan yang perlu ditangani lebih lanjut.

Pada blok horizontal umumnya berisi komponen dengan tegangan tinggi sehingga perlu hati-hati dalam melakukan pengukuran. Biasanya ada bagian yang mati atau malah renggang solderannya, patut kita ukur tegangan apakah normal blok horizontal tersebut? Kerusakan ini ditandai dengan munculnya hanya garis vertikal saja di layar, biasanya lebih sulit diperbaiki.

 

Kerusakan hanya muncul garis dilayar pada televisi CRT

Lain halnya dengan televisi yang menggunakan tabung sebagai komponen utamanya, maka dengan teknologi yang lebih tua kerusakan ini biasanya mudah diketahui. Bagian mana yang rusak dan perlu diganti.

Dari yang paling ringan adalah, rusak open solder. Ini mengakibatkan hanya muncul garis horizontal atau vertikal di layar. Ketika diketok-ketok, maka maka gambar dapat kembali normal namun kadangkala kumat kalau sudah dinyalakan dalam jangka waktu lama.

Kerusakan selanjutnya adalah, pada bagian blok vertikal. Ini menyebabkan kerusakan hanya muncul garis horizontal pada layar, biasanya rusak elco nilai kecil bertegangan 250 volt. Dan kadangkala IC vertikal mati juga dapat menyebabkan kerusakan ini. Coba bisa dilihat dari fisik IC yang retak, atau ketika di ukur maka tegangan vertikal drop.

Kerusakan pada blok horizontal, menyangkut komponen-komponen seperti elco, resistor dan coil yoke yang gosong atau lepas solderannya. Menyebabkan hanya muncul garis vertikal satu garis dilayar. Biasanya agak rumit memperbaiki kerusakan blok horizontal ini dibandingkan dengan blok vertikal.