Menu

Cara Memasang MCB 3 Fasa (instalasi panel listrik 3 phase)

Bagaimana cara memasang mcb 3 fasa yang benar? Pasang panel listrik 3 phase yang aman dan baik memang tidak mudah karena selalu ada hal menarik untuk dibahas tentang bahaya dan kesalahan yang kadang muncul tanpa diketahui, sehingga patut berhati hati dengan pilihan cara menentukan rst pada listrik 3 phase sehingga tetap aman dalam penggunaan jangka panjang dan tidak menimbulkan resiko bagi orang lain.

Pada umunya mcb listrik 1 fasa yang digunakan di rumah-rumah dapat dipahami dengan mudah cara instalasi yang benar, namun kalau kita sudah bertemu dengan rangkaian listrik 3 fasa tentu memerlukan ketelitian supaya tidak ada yang terbalik antara fasa satu dengan lainnya, apalagi ada ground line juga disana yang patut diperhitungkan, sehingga membuat kita harus lebih jeli dalam menangani kelistrikan 3 phase ini.

Instalasi listrik 3 phase memakai 4 kabel SR dengan komposisi 3 kabel SR positif dan 1 kabel SR negatif, instalasi ini akan menghasilkan tegangan listrik 380 volt ac yang dapat digunakan untuk bermacam keperluan. Namun pada umumnya penggunaan listrik 3 phase adalah pada kegunaan di pabrik-pabrik  yang mengoperasikan mesin produksi dan perangkat besar sehingga penggunaan listrik harus memerlukan banyak titik tegangan.

Komposisi kabel SR akan dilewati oleh arus listrik positif dan negatif, ditandai dengan warna-warna tertentu. Warna kabel SR menggunakan warna hitam polos, sedangkan kabel SR positif terdapat kulit halus warna putih pada kabelnya, ini memudahkan kita untuk mengenali pada instalasi listrik 3 phase dengan mudah.

 

Tata cara memasang panel listrik 3 phase beserta MCB

Menyimak lebih jauh mengenai cara pemasangan panel listrik 3 fasa membuat kita mengerti bahwa komponen yang digunakan yakni meteran listrik 3 phase, mcb, dan jenis kabelnya berbeda dari komponen pada umumnya.

Pertama-tama hendaknya kita dapat menentukan yang mana jenis RST pada kabel listrik 3 phase, mengenali tiap line ini penting untuk mengetahui supaya tidak terjadi kesalahan dalam memasang panel listrik PLN nantinya.

Berikut tips mengetahui RST pada kabel listrik 3 fasa:

  1. Terdapat ciri khusus pada tiap line kabel RST
  2. Kabel SR yang terdapat satu garis lurus sepanjang kulitnya adalah bagian kabel R
  3. Kabel SR yang terdapat dua garis lurus adalah kabel S
  4. Kabel RST yang memiliki tiga garis lurus adalah bagian kabel T
  5. Kabel yang tanpa tanda garis apapun adalah bagian kabel N

Sedangkan untuk tata cara instalasi panel listrik 3 phase memang perlu memahaminya lebih mendalam, secara singkat berikut ini adalah tahapan dalam pemasangan mcb 3 fasa beserta petunjuknya.

Langkah-langkah pasang meteran 3 fasa serta mcb:

  1. Memasang sepatu kabel pada ujung-ujung kabel SRTN
  2. Memasang plat konduktor pada panel listrik 3 phase dengan baut
  3. Memasang ujung input kabel R pasang di lubang nomor 1 pada panel kwh 3 phase, sedangkan Output kabel R pasang di lubang nomor dua. Dilanjutkan input kabel S di lubang nomor 3 dan output kabel S pasang di lubang nomor 4. Seperti itu pula dengan kabel T hingga kabel N. Kuncinya adalah, Input (arus masuk) diletakkan pada lubang nomor ganjil dan kabel output (arus keluar) diletakkan pada lubang nomor genap.
  4. Menghubungkan output kabel RST yang berasal dari kwh meter dengan MCB 3 phase.
  5. Memastikan output-output terkait dengan baik dengan plat kabel, untuk selanjutnya diteruskan dengan pemasangan panel dalam gedung atau pabrik.