Menu

Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error E16/E13

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki printer mp287 error e16 atau e13. Kerusakan ini cukup sering dijumpai terutama bagi yang baru saja ganti Printer canon mp287 merupakan printer yang sudah cukup lama beredar dipasaran, sudah banyak generasi penerus dan yang lebih mumpuni lagi dari printer ini, namun masih banyak pula yang menggunakannya karena memang canon pixma mp287 sangat membantu apalagi untuk kegunaan sehari-hari yang memerlukan pemakaian dalam jumlah banyak.

Perawatan yang mudah dan mudah diperbaiki adalah salah satu keunggulan printer canon mp287 meskipun dari segi teknologi sudah agak ketinggalan dari tipe-tipe yang lebih baru. Misalnya dari segi kecepatan mencetak yang lumayan agak lama daripada tipe lainnya.

Beberapa penyakit printer canon mp287 seringkali dialami, apalagi yang sudah lama menggunakan printer ini pasti pernah mengalaminya. Seperti yang saya alami pada printer milik saya yang sudah melewati berbagai macam kerusakan dan diperbaiki sendiri.

Printer ini sangat membantu dan termasuk saya gunakan untuk bekerja keras, karena digunakan sebagai mesin fotocopy yang melayani banyak pelanggan tiap harinya. Bisanya setelah beberapa bulan cartridge jebol, ketika digunakan untuk mencetak selalu bergaris dan tidak bisa dihilangkan. Solusinya ganti cartridge.

Pernah juga rusak power supply bagian resistor, dan saya ganti menggunakan resistor lain yang ukurannya lebih besar, pernah juga ganti power supply satu blok karena rusak memori yang tidak dapat diperbaiki. Juga kerusakan lain seperti p07, p10, p01, E05, dan jenis error lainnya seakan sampai hafal karena terlalu sering dialami.

Namun yang menyenangkan adalah, printer ini tetap bandel dan dapat disembuhkan. Karena kalau kesulitan kita tinggal browsing di internet dan menemukan solusi dari apa yang dialami oleh printer tersebut. Ini yang membuat saya betah dengan mp287, karena sudah berumur lama maka banyak pula yang berbagi pengalaman mengenai kerusakan yang terjadi.

 

Mengatasi kerusakan printer canon mp287 error e16

Mungkin intro diatas sudah sangat panjang dan patut kita masuki topik utama dari artikel ini mengenai pembahasan tentang mp287 yang rusak e16, salah satu error yang muncul ketika hendak mencetak seperti biasanya, namun ternyata muncul permasalahan tersebut.

Di layar LED menunjukkan kode error E16 dan awalnya ketika printer dinyalakan berkedip tidak ada bunyi motor. Lalu muncul error P01, tapi setelah printer mau memutar motor ternyata muncul error E16 pada indikator LED.

Sebenarnya ini bukan kali pertama mengalami kerusakan atau error E16 pada printer mp287 ini, karena sudah sering terjadi semenjak ganti cartridge. Maka dapat disimpulkan bahwa error tersebut muncul karena tinta yang ada di cartridge sudah habis, dan kalau memang perlu ganti yang diganti cartridge.

Tapi bagi yang printernya sudah di infus, maka sangat mudah memperbaiki error E16 ini. Cukup tekan dan tahan tombol stop/reset selama kurang lebih 3 detik. Nanti printer akan memulai ulang ditunjukkan dari tampilan layar LED lalu akan siap digunakan seperti sediakala.

Itulah kerusakan E16 dan cara memperbaikinya pada printer canon MP287 yang mana kerusakan ini disebabkan karena tinta bawaan pada cartridge habis, cara memperbaikinya tinggal tekan dan tahan tombol stop/reset selama sekitar 3 detik dan printer sudah normal kembali siap digunakan.