Menu

Cara menghemat listrik dengan kapasitor, benarkah bisa?

Ada banyak hal menarik kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang memberikan pilihan tidak menentu sehingga kita patut mencari tahu apakah sebenarnya hal itu memang bermanfaat atau hanya hal sia-sia yang belum tentu ada gunanya. Seperti yang satu ini tentang cara menghemat listrik dengan kapasitor atau alat khusus untuk menghemat listrik pulsa menggunakan perangkat yang dapat dijumpai dalam toko elektronik terdekat, benarkah hal itu dapat dilakukan dan berguna bagi kita?

Yang patut kita ketahui adalah fungsi dari alat tersebut, kadang orang menjual sesuatu dengan  berbagai cara demi mendapatkan uang. Sehingga kadang membingungkan apakah benar itu akan berguna bagi kita atau hanya akan sia-sia saja.

Pengalaman dari seorang sahabat menceritakan mengenai alat penghemat listrik sederhana yang telah dia beli, ternyata dia memiliki pengalaman menarik mengenai hal itu yang patut diketahui sehingga dapat berguna bagi kita semua.

 

Bernarkah bisa hemat listrik dengan kapasitor?

Seorang kawan menceritakan mengenai pengalamannya membeli alat penghemat listrik yang dia beli dari seorang sales, dan penjual atau sales tersebut mengaku punya hubungan dengan orang PLN yang menciptakan alat penghemat listrik tersebut.

Memang penjelasannya sangat meyakinkan, membuat kawan tadi membeli alat tersebut untuk dipasangkan pada meteran listrik. Dan sesampainya dirumah dia pun mencoba alat tersebut. Lantas benarkah alat itu dapat membantu agar lebih hemat listrik?

Setelah beberapa bulan saya pun bertanya padanya, adakah perbedaan pembayaran listrik setelah memakai alat tersebut? Dia bilang sama saja, tidak ada perubahan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat tersebut tidak bermanfaat atau tidak ada gunanya karena tidak memberikan perbedaan yang nyata.

 

Penjelasannya

Dari pengalaman kawan tersebut tentu kita dapat memahami, bahwa alat yang dia beli mempunyai komponen utama kapasitor. Dan fungsi kapasitor itu secara umum akan meyimpan listrik atau menampung arus listrik, sedikit banyaknya tergantung dari nilai kapasitor tersebut.

Jadi memang tidak masuk akal bahwa ada kapasitor yang dapat membantu agar penggunaan listrik lebih hemat. Hendaknya kita dapat menyikapi keadaan tersebut dengan baik sehingga tidak tertipu atau terkecoh oleh penjual yang mengaku punya hubungan dengan orang PLN.

Karena orang PLN pun tentu tidak mau berbuat aneh aneh karena pln juga tidak mau rugi apalagi sampai menciptakan alat yang dapat merugikan.

Sehingga patut dicermati bahwa penggunaan listrik dirumah kita besar kecilnya tergantung dari cara kita menggunakan listrik itu sendiri. Kalau memang ada yang tidak wajar tentu dapat langsung ditangani oleh petugas PLN dan akan dapat dipantau.

Demikian penjelasan singkat mengenai fenomena alat penghemat listrik dengan kapasitor yang kadang kita temui dan belum menemukan titik terang mengenai penjelasan dari alat tersebut.