Menu

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda pada Magnet Permanen

Cara menghilangkan sifat kemagnetan suatu benda umumnya dapat dilakukan melalui beberapa langkah, yang dapat dicoba sendiri dirumah sehingga relatif mudah dipahami. Mungkin kita sudah tidak asing dengan benda-benda yang mengandung unsur kemagnetan, pada umumnya benda tersebut adalah benda logam yang tergolong dalam bentuk besi baja, dan ini disebut sebagai benda dengan sifat magnet permanen. Lantas bagaimana cara menghilangkan sifat magnet pada baja tersebut?

Ternyata magnet permanen yang kita ketahui sehari-hari dan digunakan dalam berbagai perangkat elektronika misalnya pada loudspeaker dan motor listrik, dapat hilang sifat kemagnetannya kalau terkena beberapa proses, proses tersebut ada beberapa macam. Selengkapnya akan kita bahas dalam tulisan berikut, diharapkan kita dapat memahami dengan baik karena pembahasan ini sangat mendasar dan dapat langsung kita coba dirumah.

Magnet permanen ketika mengalami perlakuan tertentu dapat hilang sifat kemagnetannya, atau berkurang tergantung bagaimana perlakuan pada magnet tersebut.

Diantara beberapa perlakuan yang dapat menghilangkan sifat kemagnetan pada magnet permanen adalah:

  1. Dijatuhkan dari ketinggian
  2. Dipukul berkali-kali
  3. Dialiri listrik bolak-balik (AC)
  4. Dibakar/ dipanaskan

sifat kemagnetan hilang

Cara menghilangkan sifat magnet pada magnet permanen dengan dipukul/ dijatuhkan

Pada magnet yang terbuat dari besi atau baja yang disebut juga magnet permanen, dapat hilang sifat kemagnetannya dengan cara di pukul pukul, atau terbentur dengan keras. Juga ketika magnet tersebut dijatuhkan dari tempat yang tinggi maka dapat memungkinkan sifat magnetnya hilang, sehingga hanya akan menjadi besi biasa.

Aliran listrik AC dapat menghilangkan sifat kemagnetan

Aliran arus bolak balik atau listrik AC dapat menyebabkan hilangnya sifat magnet, hal ini dapat terjadi ketika kita menginduksikan magnet pada medan listrik bolak balik, seperti terlihat pada contoh gambar diatas. Ketika medan magnet terpapar dengan arus bolak balik maka sifat kemagnetannya akan melemah atau hilang.

Menghilangkan sifat kemagnetan dengan cara dibakar

Ketika sebuah magnet dipanaskan sampai mencapai suhu tertentu atau dibakar, maka sifat kemagnetannya dapat hilang. Ini sudah sering kita temui, ketika kita membakar kerangka sebuah loudspeaker yang terdapat magnetnya, maka setelah dibakar ternyata magnet tersebut tidak lagi memiliki gaya kemagnetan. Dengan kata lain kita dapat menghilangkan sifat kemagnetan tersebut dengan cara memanaskan magnet permanen sampai pada suhu yang sangat tinggi, atau dengan kata lain kita membakarnya.

Dari penjelasan diatas tentu kita dapat memahami bahwa sebuah magnet akan kehilangan sifat kemagnetannya dengan beberapa perlakuan, yang memungkinkan magnet permanen untuk kehilangan sifat magnetnya. Kalau kita sengaja melakukan beberapa perlakuan tersebut tentu tidak akan menjadi malah, namun yang perlu diingat adalah jangan sampai kita melakukan hal tidak disengaja yang ternyata dapat mengganggu atau mengacaukan kemagnetan sebuah magnet. Yang pada akhirnya akan membuat perangkat elektronika tersebut menjadi tidak berfungsi atau tidak dapat berguna sebagaimana mestinya.