Menu

Cara merakit equalizer yang bagus sederhana (skema equalizer IC LA3600)

Bagaimana cara merakit equalizer yang bagus sehingga cocok dengan rangkaian tone control dan power amplifier yang digunakan? Untuk mengetahui rangkaian equalizer sederhana 5 channel sampai 20 channel mungkin kita patut melihat contoh skema equalizer ic 4558 karena skema ini merupakan yang paling simpel dan mudah dibuat sendiri apalagi kalau mengejar perangkat yang efektif dan efisien.

Memang ada banyak sekali pilihan model dan skema rangkaian kalau kita membicarakan masalah equalizer, apalagi itu adalah pilihan mulai dari equalizer digital, equalizer parametrik sampai dengan equalizer yang menggunakan potensio putar layaknya tone control.

Namun menilai masalah suara tentu bukan hanya dari equalizer saja namun bergantung pula pada jenis poweer amplifier yang digunakan. Ini juga memiliki peran penting sehingga kita patut memperhitungkan mana yang harus digunakan terlebih dahulu dan mana yang tidak.

 

Contoh equalizer sederhana menggunakan 1 IC LA3600

Mencari jenis equalizer yang mudah dibuat sendiri namun menghasilkan suara cukup lumayan memang tidak mudah, ada beberapa pertimbangan yang patut diperhitungkan untuk memenuhi semua itu. Kita dapat menemukan rangkaian equalizer yang dapat dibuat sendiri, namun akan lebih baik untuk mencari yang paling sederhana sehingga tidak memusingkan ketika hendak membuat jalur pcb nya.

Dari gambar diatas kita dapat melihat contoh skema equalizer 1 IC yang tidak menggunakan banyak komponen, cukup mudah dipahami sehingga tidak memerlukan skill tinggi untuk membuatnya. Namun tentu saja tetap membutuhkan ketekunan kita dalam membaca masing-masing komponen sehingga diperoleh jenis equalizer yang paling bagus dan menghasilkan suara jernih, karena ini yang patut kita kejar ketika merakit sebuah perangkat.

 

Cara merangkai equalizer yang baik

Lantas bagaimana cara merakit equalizer yang bagus sehingga menghasilkan keluaran audio jernih dan sesuai keinginan? Menemukan jenis komponen yang baik dan sesuai ketepatan dalam merangkai sebuah perangkat elektronika menentukan hasil yang akan dicapai, sehingga kita patut memperhatikan sekecil apapun komponen tersebut, apalah masalah audio karena memerlukan ketepatan sehingga tidak terjadi kesalahan.

Beberapa faktor penting dalam mendapatkan rangkaian equalizer yang bagus:

  1. Pemilihan komponen yang baik, resistor, capasitor, potensio, dan komponen lainnya lebih baik kalau menggunakan yang bagus, meskipun harganya agak mahal namun kualitasnya terjamin
  2. Kecocokan dengan perangkat lainnya, misalnya tone control dan power amplifier. Meskipun equalizer kita bagus namun kalau tidak sinkron dengan power yang ada maka tidak akan menghasilkan kualitas audio yang baik
  3. Penggunaan speaker, ini juga penting karena speaker yang sesuai adalah kuncinya. Baik daya maupun jenis dan merk speaker tersebut
  4. Pemasangan equalizer itu sendiri, pemasangan equalizer yang bagus adalah pada bagian setelah blok pre-amp / mixer, dan sebelum tone control

Mungkin kita menemukan bermacam tipe dan cara orang mengaplikasikan equalizer pada rangkaian amplifier yang berbeda-beda. Itu hal wajar karena pengalaman dan teknik yang digunakan mungkin juga berpengaruh, dan kebutuhan penguatan suara seperti apa yang dikehendaki juga menentukan penggunaan equalizer tersebut.

Ketika kita ingin mendapatkan jenis audio yang baik maka harus menyesuaikan jenis equalizer yang ada misalnya equalizer kecil untuk amplifier berdaya rendah dan equalizer yang lebih kompleks untuk power amplifier dengan kebutuhan daya / watt lebih tinggi.