Menu

Fungsi PCB pada Perakitan Elektronika

Memahami fungsi pcb pada perakitan elektronika adalah sangat penting, mengingat komponen elektronika satu ini mempunyai peranan penting dalam keberlangsungan sebuah rangkaian sehingga dapat membentuk perangkat elektronika dan dapat berkerja sebagaimana mestinya. Pengertian pcb dan kepanjangan dari singkatan pcb tentu amat penting untuk diketahui, mengingat memahami satu hal dari komponen elektronika mengharuskan kita menairk kesimpulan sehingga dapat paham komponen lain yang masih berhubungan.

contoh pcb

PCB adalah singkatan dari Printed Circuit Board dimana komponen ini dapt dikatakan sebagai penunjang sebuah rangkiaan sehingga dapat membentuk perangkat yang utuh karena tanpa adanya pcb rangkaian elektronika tidak dapat bekerja dengan baik.

PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa fungsi pcb adalah sebagai penopang komponen-komponen elektronika sehingga dapat bekerja menjadi satu kesatuan yang membentuk rangkaian dan dapat digunakan dalam berbagai kegunaan, ini adalah pengertian dasar dari pcb. Tanpa adanya pcb maka komponen lain tidak memiliki papan untuk dihubungkan satu dengan lainnya sehingga kegunaan pcb amat penting.

Memahami cara membaca sirkuit pcb dan fungsinya

Pada papan pcb terdapat sejumlah kode tertentu yang berhubungan dengan letak komponen yang harus dipasang pada papan tersebut, masing-masing jalur atau sirkuit memiliki kode yang berbeda, untuk dapat memahami hal ini maka kita harus tahu dengan seksama pembacaan kode-kode tersebut sehingga tidak menimbulkan kebingungan.

Jalur penghubung pada pcb merupakan alur yang saling terhubung satu sama lain dengan masing-masing port komponen elektronika, entah itu resistor atau transistor untuk memastikan semua dapat berjalan dengan normal. Untuk pemasangan komponen elektronika pada pcb maka digunakan simbol tertentu sesuai komponen tersebut, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan komponen pada pcb. Komponen yang memiliki polaritas maka diberikan simbol yang terperinci untuk memastikan pemasangannya tidak terbalik.

Pemasangan komponen elektronika pada pcb adalah dengan cara di solder, sehingga jaur pada pcb dapat melekat pada kaki komponen menggunakan timah. Jalur pada pcb terbuat dari tembaga sehingga berfungsi sebagai penghantar yang cukup baik.

Dalam penggunaannya pada rangkaian elektronika terdapat bermacam-macam jenis pcb. Ada pcb yang memiliki satu sisi alur penghantar namun ada pula pcb yang memiliki dua sisi atau lebih alur penghantar sebagai penghubung satu komponen dengan yang lainnya.

PCB digunakan dalam berbagai aplikasi rangkaian elektronika, mulai yang paling sederhana sampai yang kompleks. Misalnya penggunaan pada rangkaian lampu, rangkaian radio, sampai pada komputer dan handphone memiliki komponen pcb didalamnya sebagai pendukung komponen lain supaya dapat bersatu menjadi satu kesatuan dan bekerja sebagaimana mestinya.