Menu

Fungsi Semikonduktor, Karakteristik, dan Contoh-Contohnya

Mengetahui seperti apa fungsi semikonduktor dalam rangkaian elektronika memang sangat menarik, kita belum tentu tahu secara menyeluruh mengenai karakteristik semikonduktor dan contoh semikonduktor dalam penggunaan sehari hari sampai ketika mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan penyelesaian dari keadaan tersebut.

Semikonduktor banyak terdapat dalam rangkaian elektronika, lantas apa saja komponen yang merupakan semikonduktor? Tentu kita ingin tahu hal ini lebih jauh, mengingat penggunaan semikonduktor ini sangat penting sehingga membuat rangkaian elektronika bekerja maksimal. Bahkan tanpa semikonduktor rasanya tidak akan efektif dan sebuah rangkaian elektronika hanya akan jadi rangkaian tanpa komponen aktif yang artinya adalah rangkaian pasif.

 

Komponen yang merupakan semikonduktor

Lantas komponen apa saja yang termasuk dalam semikonduktor? Ini patut kita ketahui sebelum mengerti lebih lanjut apa yang patut diketahui mengingat semakin banyaknya hal penting yang patut kita ketahui sehingga akan memberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami.

Beberapa hal yang patut kita ketahui adalah bahwa sifat semikonduktor dapat menjadi penghantar arus listrik namun dapat pula bersifat sangat resisten atau menghambat, dan sifat dari semikonduktor tersebut dapat berubah ketika diberikan semacam kontrol yang dapat mengubah sifat-sifat konduktornya.

Beberapa komponen elektronika menggunakan bahan dasar semikonduktor didalamnya, dan komponen ini banyak kita temukan dalam rangkaian elektronika karena fungsinya memang sangat penting.

Berikut komponen-komponen yang termasuk semikonduktor:

  1. IC
  2. Transistor
  3. Mosfet
  4. Dioda

Dari daftar komponen diatas tentu sudah sangat tidak asing karena kita menemukannya hampir di dalam semua perangkat elektronika, menggunakan salah satu atau gabungan dari komponen-komponen tersebut. Sehingga peran semikonduktor akan bekerja dengan  baik apabila ditunjang oleh komponen komponen lainnya seperti capasitor dan resistor.

 

Fungsi semikonduktor secara umum

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa kegunaan semikonduktor ada baiknya kita melihat kembali pengertian semikonduktor secara sederhana sehingga mudah dipahami.

Pengertian: Semikonduktor adalah bahan yang memiliki sifat diantara konduktor dan isolator

Semikonduktor juga disebut sebagai bahan setengah isolator dan setengah konduktor, sifat dari bahan ini adalah nilai konduktansinya dapat di ubah dengan mengendalikan menggunakan komponen lain.

Fungsi semikonduktor dalam perangkat elektronika adalah untuk mendapatkan nilai konduktansi yang tepat dengan memberikan pengaruh menggunakan komponen lain sehingga didapatkan nilai konduktansi yang sesuai.

Dari penjelasan singkat diatas tentu kita dapat memahami bahwa bahan semikonduktor memang memiliki peran penting dalam rangkaian elektronika, juga apa yang dihasilkan dari penggunaan bahan ini sangat berguna sehingga kita mendapatkan nilai tepat dari rancangan perangkat elektronika yang kita harapkan sebelumnya.

Sehingga kita dapat mencermati apa yang patut dilakukan demi mendapatkan sebuah semikonduktor yang tepat dan memiliki kemurnian tingkat tinggi, maka dalam proses pembuatan semikonduktor diperlukan ketelitian tinggi. Ini melibatkan proses yang rumit sehingga memperoleh semikonduktor seperti yang diharapkan.