Menu

Fungsi Thermistor dan Ciri Ciri Thermistor AC Rusak

Mengetahui apa fungsi thermistor ac atau komponen thermistor pada rangkaian elektronika memang patut kita ketahui sehingga tidak ada lagi kebingungan apalagi ketika menemukan kendala di lapangan terkait cara memperbaiki perangkat elektronika yang menggunakan thermistor, misalnya pada Air Conditioner atau AC. Juga untuk mengetahui seperti apa ciri ciri thermistor ac rusak rasanya sangat perlu sehingga tidak ada lagi pertanyaan atau keraguan untuk mengganti komponen ini kalau memang diperlukan.

Thermistor merupakan salah satu komponen elektronika yang banyak digunakan terutama pada perangkat yang memerlukan sensor suhu, sehingga dapat dikatakan bahwa arti dari thermistor adalah komponen elektronika yang dapat mendeteksi perubahan suhu.

Pengertian: Thermistor adalah komponen elektronika yang dapat mendeteksi perubahan suhu, terutama suhu ruangan

Fungsi: Thermistor berfungsi mengukur perubahan suhu ruangan yang selanjutnya akan digunakan untuk mengaktifkan sistem kerja suatu perangkat elektronika

Prinsip kerja: Apabila ada perubahan suhu atau panas maka nilai tahanan pada thermistor akan berubah

Salah satu perangkat elektronika yang bekerja menggunakan thermistor adalah AC, dimana pada AC komponen thermistor digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu ruangan. Dan selanjutnya dengan adanya perubahan nilai tahanan pada thermistor maka komponen ini akan menjadi semacam ‘saklar otomatis’ yang dapat menyebabkan kompresor AC bekerja sesuai pengaturan yang diberikan.

Pada perangkat AC, thermistor terletak pada perangkat indoor yakni bagian ac yang berada di dalam ruangan. Sehingga sewaktu-waktu dapat mendeteksi perubahan suhu ruangan sehingga dapat menyebabkan ac bekerja untuk mendinginkan ruangan dan kalau suhu ruangan sudah sesuai pengaturan maka ac akan berhenti bekerja.

Seringkali kita menemukan kendala apabila mendapati ac yang rusak, tidak berfungsi normal sehingga menyebabkan permasalahan misalnya ac tidak dapat mendinginkan ruangan atau ac menyala dan mati terlalu sering sehingga nampak tidak normal. Lantas bagaimana cara mengetahui kerusakan thermistor tersebut?

Beberapa tanda atau ciri thermistor ac rusak adalah sebagai berikut:

  1. Ada semacam bunyi alarm yang menyala terus menerus apabila dinyalakan, pada ac merek tertentu hal ini sering terjadi dan dapat dijadikan tanda bahwa ac tersebut mengalami kerusakan pada bagian thermistor. Perlu segera diganti dengan tipe yang sama, tentunya harus mengerti thermistor aslinya dahulu
  2. Unit outdoor ac tidak berfungsi normal, ini ditandai dengan kompresor ac yang sering mati. Disebabkan karena thermistor sudah terlalu peka dalam mendeteksi perubahan suhu ruangan sehingga unit outdoor sering mati dan menyebabkan ac menjadi tidak dingin
  3. Pada ac merek tertentu, menyebabkan remote control tidak berfungsi. Ini terjadi pada tipe ac tertentu yang dapat ditandai dengan tidak berfungsinya remote control, maka perlu di test lebih lanjut siapa tahu memang thermistor dari ac tersebut sudah rusak

Dari pembahasan diatas tentu kita dapat mengetahui lebih jauh mengenai tanda dan bagaimana menangani kerusakan thermistor pada perangkat AC. Yang tentunya memerlukan pengalaman tersendiri sehingga kita memiliki kepastian bahwa komponen tersebut benar-benar rusak sebelum menggantinya. Akan lebih baik kalau dilakukan pengukuran juga untuk mengetahui apakah nilai tahanan dari thermistor tersebut memang sudah tidak akurat, namun hal ini diperlukan pembanding dengan komponen yang masih bagus agar mudah membedakannya.