Menu

Kelebihan speaker double magnet serta fungsi double coil pada subwoofer

Membahas tentang kelebihan speaker double magnet rasanya sangat menarik mengingat kita banyak menjumpai beberapa merk woofer dengan menggunakan double magnet bahkan double coil. Misalnya mengenai fungsi double coil pada subwoofer legacy, ini jadi sangat menarik dibahas karena seperti kita tahu, speaker dengan magnet ganda seakan memberikan kharisma tersendiri dan menjadi primadona bagi sebagian penghobi audio.

Kalau kita membahas tentang karakter speaker legacy sebagai acuan, maka akan sangat menarik ulasannya karena hal ini menghubungkan antara merk ternama dengan komponen serta karakter dari speaker tersebut. Tentunya bukan hanya satu merk saja, namun lebih baik kalau kita memiliki perbandingan sendiri antara merk satu dengan yang lain tentunya dengan kisaran harga yang masuk akal.

 

Perbedaan speaker single coil dan double coil

Pertama, kita akan membahas mengenai beda single coil dan double coil pada speaker atau woofer. Hal ini sering kita jumpai dan hampir tidak ada penjelasan yang dapat mewakili keduanya, namun untuk yang ingin tahu lebih jauh mengenai seluk beluk audio tentu patut mencari tahu lebih lanjut sehingga jelas mengenai fungsi double coil pada speaker karena akan memberikan pemahaman tersendiri bagi kita.

Secara umum perbedaan single coil dengan double coil pada speaker adalah pada pengkabelannya. Ini dapat dilihat bahwa single coil hanya memiliki 1 coil sehingga hanya dapat dihubungkan secara satu jalur saja dengan rangkaian amplifier, sedangkan pada subwoofer double coil dapat dihubungkan secara paralel maupun dihubungkan masing-masing.

Jadi keuntungan speaker double coil adalah tidak memerlukan daya terlalu banyak untuk mengangkat speaker tersebut, ini karena coil dapat diparalel sehingga nilai hambatannya jadi kecil dan relatif lebih ringan daripada yang singel coil.

 

Kelebihan speaker double magnet

Hal menarik lainnya adalah melihat orang yang lebih memilih speaker double magnet daripada yang satu magnet, ini juga kadang kita lihat dimana orang lebih menyukai subwoofer dengan magnet yang lebih besar daripada yang standard saja.

Lantas apa kelebihan woofer double magnet daripada yang menggunakan single magnet? Pertanyaan ini patut kita ketahui, namun secara umum mungkin tidak memberikan jawaban yang memuaskan karena memang jawaban yang ada ya hanya biasa saja.

Menurut beberapa teman yang pernah mencoba woofer dengan double magnet ini kesannya menjadikan suara lebih ‘deep’ atau nada low nya lebih nendang. Dengan kata lain suara bass yang dihasilkan lebih dalam dan berbobot. Karena gerakan coil dan membran lebih jauh maju mundurnya, pengaruh medan magnet yang lebih kuat dari magnet speaker yang double tersebut menyebabkan gerakannya lebih kuat dan nada yang dihasilkan juga lebih berbobot.

Namun ini hanya opini dari salah satu orang saja sehingga tidak dapat dijadikan patokan. Ada juga anggapan bahwa memilih subwoofer itu bagus yang magnetnya lebih besar, tentu ini pernah kita alami saat hendak membeli woofer maka memilih yang magnetnya lebih besar atau tebal sehingga diharapkan suara yang dihasilkan juga lebih baik.