Home / Rangkaian Elektronika / Kumpulan Rangkaian Elektronika

Kumpulan Rangkaian Elektronika

Dalam dunia elektronika mungkin Anda pernah mendengar dengan yang namanya kumpulan rangkaian elektronika. Kumpulan rangkaian elektronika adalah ringkasan dari beragam aneka rangkaian elektronika yang dikumpulkan jadi satu dimana rangkaian-rangkaian elektronika tersebut sangat berarti untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tak bisa disangkal kalau ilmu elektronika telah memberikan sumbangan yang sangat besar bagi peradaban manusia saat ini. Nyaris pada semua aspek kehidupan manusia zaman kiwari berbasiskan elektronika. Manusia dimanjakan dengan bantuan berbagai peralatan elektronika, bukan manual lagi, bahkan serba digital.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menyajikan salah satu penerapan dari kumpulan rangkaian elektronika.  Rangkaian Pemanggil Ikan adalah salah satunya. Di bawah ini bisa Anda lihat dan pelajari gambar skemanya.

Gambar Skema Rangkaian Pemanggil Ikan

Rangkaian Pemanggil Ikan ini tergolong rangkaian elektronika yang sederhana. Rangkaian ini hanya menggunakan satu transistor dengan dua resistor dan dua kondensator, ditambah saklar, catu daya dan loudspeaker. Berikut ini daftar lengkap komponen yang harus disediakan untuk merakitnya :

R1 = Potensiometer 5K Ohm
R2 = 10K Ohm
C1 = 0,005nF
C2 = 50uF
Tr = 2SB126 atau OC26
T  = trafo output, tidak menggunakan gulungan sekunder
B  = baterei 3 Volt
LS = loudspeaker 2000 – 3000 Ohm
S  = saklar on/off

Bagi Anda yang hobi memancing, rangkaian ini sangat cocok diterapkan karena bisa memanggil dan mengumpulkan banyak ikan. Getaran yang dikeluarkan dari rangkaian ini mencapai jarak beberapa meter secara melingkar.

Setelah rangkaian tersebut mengeluarkan bunyi, maka pemasangannya di dalam air adalah dengan memasukkan ke dalam sebuah botol plastik. Kemudian ditutup rapat, lalu dimasukkan ke dalam air. Tunggu beberapa detik setelah saklar on/off ditekan. Setelah rangkaian ini bekerja, ikan-ikan akan mendatanginya lalu mengerumi alat ini (Rangkaian Pemanggil Ikan).

Itulah salah satu penerapan dari kumpulan rangkaian elektronika berupa Rangkaian Pemanggil Ikan. Semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top