Menu

Memperbaiki printer canon mp287 error p07 tidak bisa di reset

Kendala demi kendala terjadi bersama printer canon mp287 yang saya beli beberapa tahun lalu, printer ini memang cukup terjangkau dengan  harga 1 jutaan, memang banyak kemudahan yang didapat dari printer ini, mulai dari ngeprint, scan, fotocopy dengan mudah. Sehingga dengan harga yang bersaing wajar kalau banyak sekali pengguna printer ini.

Namun seiring umur yang sudah tua, maka printer canon mp287 mengalami kerusakan p07 yakni masalah counter penghitung tintanya sudah full, kalau tidak salah ya. Karena memang printer yang saya miliki saya gunakan sebagai mesin fotocopy, dan digunakan untuk umum.

Wajar kalau printer sering rusak karena dipakai non stop setiap hari untuk melayani jasa fotocopy dan print dokumen. Sudah banyak kali printer ini rusak power supply, resistor putus, sampai error beberapa kali. Namun sebelumnya masih dapat diatasi dengan program resetter maupun dengan repair komponennya.

 

Printer canon mp287 rusak motherboard karena tidak bisa di reset

Kali ini masalahnya adalah printer canon mp287 tidak dapat di reset yang seharusnya untuk mengatasi masalah error p07 ini adalah dengan cara meresetnya.

Setelah mencoba beberapa kali reset printer mp287 dengan cara mematikan tombol power tanpa mencabut colokan listrik. Kemudian menekan dan tahan tombol reset sambil menyalakan power, menekan tombol reset 6 kali bersamaan dengan melepas tombol power.

Biasanya dengan cara diatas printer dapat masuk dalam mode servis, sehingga dapat disambungkan dengan komputer dan menjalankan service tools. Namun kali ini berbeda, setelah dipencet 6 kali ternyata printer canon mp287 malah mati total. Butuh dicabut dulu power ke listrik dan dipasang lagi, baru printer mau dihidupkan.

Mencari solusi dengan browsing di internet, kemudian saya mendapatkan jawaban bahwa kalau sudah begini artinya blok motherboard yang rusak, dengan kata lain ada IC data yang corrupt, solusinya harus ganti ic atau lebih mudahnya ganti satu blok motherboard.

 

Mencari blok motherboard canon mp287 dan memasangnya

Mencari blok motherboard ini saya lakukan dengan mencari langsung lewat toko online, mobo second namun dipastikan sudah di test dan berfungsi dengan baik. Akhirnya saya membelinya di salah satu toko online terpercaya, seharga 250 ribu.

Setelah sampai, motherboard tersebut saya pasang, dan di ON printer malah muncul error baru yakni error p22. Error ini menunjukkan blok scanner yang rusak atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Saya bongkar semua socket dan memasangnya kembali, ternyata printer mau menyala normal, hanya butuh reset tinta saya dan setelah semua dilakukan printer dapat bekerja normal kembali.

Demikian kerusakan printer canon mp287 yang mengalami rusak bertingkat, saya maklumi karena umur yang sudah lama dan sudah dipakai sehari-hari sebagai mesin fotocopy. Saya sampai menyetok cartridge hitam putih sebagai cadangan sewaktu-waktu mengalami kerusakan.