Menu

Pengertian, fungsi modulator dan demodulator

Pengertian modulator adalah proses menumpangkan data pada gelombang pembawa (carrier signal) supaya sampai pada perangkat receiver dengan perantara media tertentu. Media perantara ini dapat berupa kabel, kabel telepon, atau melalui sistem nirkabel.

Melihat penjelasan tersebut tentu kita mengetahui bahwa proses modulasi merupakan proses dimana data dikirimkan dari perangkat pengirim ke perangkat penerima dengan bantuan sinyal frekuensi sebagai media perantara, menggunakan kabel atau nirkabel, yang mana hal ini perlu pengolahan terlebih dahulu sehingga dapat diperoleh data yang bersih dan sesuai keinginan ketika diolah kembali pada perangkat penerima dan pemroses data.

Fungsi modulator adalah melakukan segala proses modulasi data pada sinyal pembawa sehingga data tersebut dapat ‘ditumpangkan’ pada frekuensi tertentu dan disalurkan melalui kabel atau perangkat lain yang tidak menggunakan kabel, yang akhirnya akan sampai pada perangkat akhir untuk mengolah kembali data tersebut pada proses selanjutnya.

Modulator juga berfungsi untuk memastikan setiap data yang hendak diproses dan dikirimkan memiliki akurasi yang baik, serta sinyal frekuensi pembawa yang akan menyalurkan data tersebut memiliki tingkat stabilitas yang tinggi sehingga tidak mempengaruhi atau mengubah nilai data yang ada.

Pengertian demodulator adalah proses pembacaan kembali data yang diterima dari pengirim melalui sinyal pembawa (carrier signal). Dalam proses ini terjadi pemisahan antara data dengan frekuensi pembawa yang akhirnya data tersebut diolah pada tahap selanjutnya.

Pada saat dikirimkan, data-data ini diubah menjadi sinyal analog agar dapat ditumpangkan pada frekuensi, ketika data tersebut sampai pada perangkat penerima maka akan diubah kembali menjadi sinyal digital, sehingga komputer dapat membacanya.

Fungsi demodulator adalah membaca sinyal frekuensi yang diterima dari pengirim. Juga berfungsi mengubah kembali sinyal analog menjadi data digital yang selanjutnya akan diproses oleh perangkat komputer atau proses selanjutnya. Fungsi ini merupakan kebalikan dari modulasi, dimana proses demodulasi terjadi untuk memastikan tidak ada data yang hilang pada saat pengiriman sehingga data tersebut tetap aman dan dapat diproses dengan akurat.

 

Apa yang dapat kita simpulkan

Setelah menyimak penjelasan mengenai proses modulasi dan demodulasi maupun pengertian modulator dan demodulator tentu kita dapat menarik sebuah kesimpulan dimana hal itu memberikan pengetahuan yang lebih baik dan akhirnya apa yang dilihat dari penjelasan tersebut dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, adalah modem, perangkat ini merupakan contoh perangkat demodulator dimana modem melakukan proses pengubahan dari sinyal frekuensi yang diterima dan data yang ada diubah dan diteruskan untuk dapat digunakan oleh komputer maupun smartphone.

Masih banyak lagi proses-proses modulasi dan demodulasi dalam kehidupan sehari hari yang dapat kita jumpai, sehingga akan lebih baik kalau mulai mengerti apa yang dimaksud dengan hal tersebut dan apakah itu memiliki kaitan dengan keseharian kita atau tidak, tentu dapat dipastikan dengan seksama.