Menu

Penyebab amplifier dengung tidak ada suara (power OCL mendengung)

Mendapati ampli berdengung memang menyebalkan, apalagi kita tidak tahu apa penyebab amplifier dengung tidak keluar suara atau hanya ada suara kecil tanpa power sama sekali. Ini akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman karena mendengarkan dengung yang amat besar sehingga patut mencari tahu situasi sebenarnya mengapa hal itu bisa terjadi.

Cara memperbaiki ampli dengung memang tidak semudah  yang kita pikirkan, apalagi dari amplifier tersebut terdapat beberapa komponen dan perangkat lain yang saling terhubung satu sama lain, maka akan lebih sulit mendeteksi darimana asal dengung tersebut dan mengapa bisa sampai timbul suara mendengung sehingga mengganggu nada bass, middle, maupun treble.

Permasalahan ampli mendengung, mengapa bisa terjadi

Setiap orang mungkin memiliki pengalaman menarik mengenai cara merakit power amplifier yang minim noise dan tidak menimbulkan dengung, namun bisa saja ketika sudah jadi akan terjadi dengung yang merupakan masalah kompleks yang sering dihadapi oleh para penggiat audio.

Masalah amplifier mendengung bisa menjadi sangat serius ketika kita sedang melakukan suatu kegiatan atau hal lain yang berhubungan dengan amplifier, misalnya kegiatan di lapangan dan pentas diatas panggung. Maka, mau tidak mau kita harus sigap menangani masalah tersebut sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Pada umumnya untuk mengetahui puncak dari masalah dengung yang timbul pada amplifier diperlukan sesuatu yang lebih serius untuk ditangani, lebih cekatan dalam mencari setiap hal baru yang mungkin timbul sebagai dampak dari dengung tersebut. Misalnya terjadi cacat pada suara, atau bahkan suara tidak keluar sama sekali.

 

Sebab-sebab dengung pada amplifier

Ketika kita mencari penyebab ampli yang mendengung maka harus mendeteksi secara menyeluruh sehingga menemukan sebab yang tepat dari keadaan tersebut, apakah dengung yang muncul karena gangguan pada power amplifier, apa karena sumber input dari amplifier itu sendiri. Atau ada sebab lain misalnya tegangan yang kurang bersih atau masalah grounding.

Berikut beberapa penyebab amplifier mendengung yang paling sering terjadi:

  1. Grounding kurang bagus,bisa menyebabkan dengung ketika ground kurang maksimal. Cara mengatasi adalah dengan menambahkan grounding antar blok komponen, dan memberikan ground yang lebih baik dengan tanah
  2. Pengkabelan kurang baik, koneksi atau instalasi kabel didalam amplifier juga dapat menimbulkan dengung saat pengkabelan kurang bagus. Perlu dirapikan dan menggunakan kabel yang bagus akan meminimalisir terjadinya dengung
  3. Penempatan komponen kurang tepat, ini sering terjadi pada ampli rakitan sendiri. Kita harus menempatkan masing-masing komponen dengan tepat, misalnya blok power supply, transformator, blok power, blok tone control harus dicari dan di uji penempatan yang paling pas
  4. Sumber tegangan yang kurang bagus, ketika menggunakan power supply yang kurang bersih maka dapat pula menjadi penyebab dengung. Atau sumber tegangan tidak mampu mendukung power yang terlalu besar, akibatkan kurang tegangan dan menyebabkan dengung. Maka harus diperhatikan sumber tegangan yang baik

 

Mengatasi masalah dengung pada amplifier tersebut memang tidak dapat dilakukan dengan cepat kecuali sudah tahu penyebab pastinya sehingga dapat dengan cepat mengetahui apa yang harus dilakukan. Pada akhirnya kita hanya dapat mendeteksi dan kemudian melakukan tindakan pencegahan supaya tidak menimbulkan dengung yang lebih parah, dan kalau memang ada yang perlu diganti maka secepatnya harus segera diganti.