Menu

Penyebab laptop rusak harus tekan keyboard saat booting hendak masuk windows

Ini adalah salah satu kerusakan laptop merk Dell inspiron 5423 yang lumayan membuat saya pusing. Dimana kerusakan ini bermula saat laptop mengalami hang atau tidak dapat masuk windows dengan gejala yang ditandai adanya lambat booting dan panas pada laptop. Kipas atau fan berputar cepat menandakan kondisi laptop melebihi suhu normal, dan tidak kunjung masuk windows yang akhirnya menjadikan laptop harus ditekan keyboard saat booting dan hendak masuk windows.

Windows yang saya gunakan adalah win 7, dimana sebelumnya memakai windows 10 namun berhubung laptop sering hang dan susah masuk windows akhirnya saya gunakan sistem restore, dan gagal. Tidak seperti kerusakan lainnya, kerusakan ini terbilang cukup aneh yang membuat saya pusing, dan akhirnya memutuskan untuk instal ulang setelah sebelumnya mengganti hard disk namun tidak ada pengaruh sama sekali.

Gejala kerusakan laptop dell 5423 tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sering hang dan overheat
  2. Susah masuk windows kadangkala
  3. Sering tiba-tiba keyborad rusak ditandai bunyi beep
  4. Setelah instal ulang harus tekan keyboard untuk bisa masuk windows

 

Mengatasi masalah laptop Dell susah masuk windows

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengganti hard disk karena curiga kalau komponen tersebut sudah bermasalah, dan ternyata tidak ada pengaruh. Meskipun harddisk dicopot tetap hang pada menu bios, tidak sampai booting windows.

Lalu diteruskan dengan membersihkan dalam laptop sampai bersih, dan memasang kembali soket-soket yang tadinya dilepas. Melihat hal ini ternyata masih tidak ada pengaruh, hampir putus asa dan ingin membawanya ke tukang service. Namun masih ada usaha untuk memperbaiki hal ini setelah bongkar-bongkar gudang dan menemukan CD instalan windows 7.

Setelah dicoba, ternyata cd booting windows 7 masih dapat digunakan, lalu diteruskan dengan instal ulang sampai selesai. Dengan melihat berbagai solusi lalu diteruskan dengan update driver sampai lengkap. Dan dilanjutkan instal MS office 2016, lalu aktivasi ms office dengan melihat tutorial yang ada di internet.

 

Muncul masalah baru..

Windows 7 sudah berhasil di instal dan sudah berfungsi dengan normal. Namun ada masalah baru disini, ketika hendak masuk windows saat laptop dinyalakan ada menu aneh yang menghadapkan kita pada menu bios, seperti muncul tanda error dan harus menekan keyboard beberapa kali sampai akhirnya berhasil masuk windows.

Mencari solusi sana sini, dikatakan kalau ini pertanda hard disk gagal booting pertama kali, yang harusnya booting membaca harddisk namun hal itu tidak terjadi sehingga muncul menu bios. Hampir putus asa kalau-kalau harddisk yang rusak.

Tanpa disengaja, saya lalu ingat kalau dulu-dulu laptop ini amat sering susah masuk windows dan mengalami hang serta overheat. Kalau sudah begini sering pula muncul notif keyboard error dengan adanya bunyi beep beep saat dinyalakan.

Tanpa pikir panjang coba matikan laptop, lalu melepas soket keyboard. Dan menyalakannya kembali. Nah.. pesan error saat booting sudah tidak ada, windows langsung terbuka tanpa ada error apapun. Ini ajaib, dan akhirnya ditemukan solusi kalau laptop tersebut memang memiliki masalah pada keyboard nya.

Kadang-kadang keyboard ada yang rusak tombolnya sehingga menyebabkan hang dan terdapat menu bios yang muncul dan menyebabkan gagal membaca harddisk saat hendak masuk windows.

Saya membeli keyboard baru serharga 160rb di toko online, dan masalah tersebut tidak  pernah muncul lagi. Laptop normal dan kembali saya gunakan sehari-hari, terasa lebih smooth dan cepat karena menggunakan windows 7 yang lumayan simpel daripada windows 10 sebelumnya.