Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Alarm Unik

Rangkaian Alarm Unik

Alarm so pasti Anda sudah pada tahu. Kalau pun belum melihat atau memilikinya, setidaknya Anda pernah mendengar kata ‘alarm’ ini. Sekarang alarm bukan merupakan barang mewah lagi. Sebagian besar orang sudah menggunakannya, terutama untuk security system atau sistem keamanan. Sistem keamanan ini sangat diperlukan untuk melindungi dan mencegah terjadinya sebuah kecelakaan, utamanya dari tindak kriminal. Berkenaan dengan hal tersebut, kami  sajikan rangkaian alarm unik.

Dilihat dari namanya “rangkaian alarm unik”, alarm ini memang unik. Karena alarm ini bekerja bila ruangan (kamar) di sekitarnya dalam keadaan gelap. Modus operasi pencurian di rumah (kantor) biasanya dengan cara memadamkan lampu penerang sehingga mereka bisa leluasa menjalankan aksinya. Atas dasar itulah rangkaian alarm ini tercipta. Silakan Anda lihat dan pelajari dengan cermat gambar skema rangkaian alarm unik di bawah ini.
Gambar Skema Rangkaian Alarm Unik
Rangkaian alarm unik sebenarnya adalah rangkaian detektor gelap yang dapat digunakan untuk menghasilkan suara alarm ketika cahaya di dalam ruangan gelap. Rangkaian ini memakai IC Timer NE555. LDR digunakan untuk penginderaan cahaya. Ketika cahaya tepat jatuh pada LDR resistensi sangat rendah. Ketika ada perlawanan/halangan terhadap cahaya maka resistensi LDR meningkat. Pada IC arus terpicu dan mendorong buzzer untuk menghasilkan suara alarm. Jika transistor dan relay terhubung pada output (pin3) dari IC1 bukannya buzzer, peralatan listrik dapat diaktifkan sesuai dengan cahaya.

One comment

  1. Giamana alaramnya bisa jalan kalo sumber listriknya di putus ama maling?

    Kalau make batre, gimana bisa bedain pemadaman listrik dari PLN sama pmutusan listrik ama maling?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top