Menu

Rangkaian Amplifier Laptop

Rangkaian Amplifier Laptop adalah rangkaian elektronika berupa penguat nada untuk sistem audio di dalam laptop/notebook. Laptop merupakan gadget elektronika yang fungsi dan cara kerjanya sama dengan komputer PC sebab laptop memang prototif miniatur dari komputer PC. Dengan body yang mungil dan ringan membuat laptop mudah untuk dibawa kemana-mana. Orang-orang yang punya mobilitas tinggi lebih suka menenteng laptop untuk menunujang aktivitasnya. Namun karena bentuknya mungil, ada sebagian laptop yang memiliki sistem audio tidak sempurna. Suara yang keluar dari sistem audionya kurang mantap hingga kurang enak bila didengar.

Suara audio yang keluar dari sistem audio seringkali mengganggu kenyaman kita dalam menggunakan laptop. Dengan rangkaian amplifier laptop ini Anda bisa mendapatkan suara yang enak didengar hingga alunan musik pun bisa menamani selama Anda menggunakan laptop tersebut. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, di bawah ini bisa Anda pelajari skema Rangkaian Amplifier Laptop.

Gambar Skema Rangkaian Amplifier Laptop

Gambar Skema Rangkaian Amplifier Laptop

Daftar komponen :
R1 = 10K Ohm
R2 = 10K Ohm
R3 = 4,7 Ohm
R4 = 4,7 Ohm
C1 = 100uF
C2 = 100uF
C3 = 10uF
C4 = 470uF
C5 = 470uF
C6 = 0,1uF
C7 = 0,1uF
IC= TDA 2822

Rangkaian Amplifier Laptop ini menggunakan IC stereo amplifier TDA2822M yang mempunyai dari 8 pin. IC ini dapat memberikan hingga 450 mW per saluran dengan impedansi loudspeaker 4 ohm dan pasokan catu daya  5 Volt. Rangkaian penguat audio ini mampu memberikan output 0.5Watt di setiap saluran.