Menu

Rangkaian Booster MP3 Player

Rangkaian Booster MP3 Player adalah rangkaian aplikasi elektronika untuk memperbesar output amplikasi sehingga berdaya cukup besar.  MP3 Player adalah perangkat elektronika portabel yang bisa memainkan file lagu berformat MP3.  MP3 memang merupakan format file lagu yang populer dibanding WAV, AAC, SWF dan lain-lain. Namun output MP3 Player ini tidak besar sehingga tidak bisa didengar bersama-sama dengan teman, rekan atau anggota keluarga lainnya. Salah satu solusi untuk mendongkrak suara yang keluar dari perangkat tersebut adalah dengan menambah booster.

Baterai player bertenaga kecil memiliki sinyal output yang lebih dari cukup untuk menggerakkan satu set headphone 32 Ohm. Dengan output 1mW tingkat tekanan suara (SPL) yang dihasilkan bisa mencapai 90 dB. Tegangan output maksimum maka akan sekitar 200mV. Ini, tentu, tidak cukup untuk sepenuhnya mendorong power amplifier. Untuk ini, Anda akan membutuhkan sebuah rangkaian tambahan yang bisa meningkatkan sinyal output audio. Yap Anda membutuhkan Rangkaian Booster MP3 Player. Di bawa ini kami lampirkan gambar skemanya.

Rangkaian Booster MP3 Player

Sinyal output dari MP3 player dimasukkan melalui kabel stereo dan soket K1 ke input dari amplifier. Gain tergantung pada hubungan antara resistor R2 dan R1 (R6 dan R5 untuk saluran lainnya) dan sama dengan sepuluh kali. Bila Anda menambahkan jumper JP1 (JP2), R3 resistor (R7) akan terhubung secara paralel dengan resistor umpan balik negatif R1 (R6), yang menyebabkan gain  akan dikurangi menjadi sekitar tiga. Ketika Anda mulai menggunakan Rangkaian Booster MP3 Player, Anda bisa memutuskan mana pengaturan gain yang terbaik bagi Anda.