Home / Power Supply / Rangkaian Catu Daya Simetris

Rangkaian Catu Daya Simetris

Rangkaian Catu Daya Simetris – Semua rangkaian elektronika memerlukan sumber tegangan untuk mengaktifkannya, sumber tegangan ini biasanya disebut adaptor atau power supply atau sering juga disebut dengan catu daya. Pada umumnya rangkaian elektronika memerlukan sumber tegangan searah atau disebut juga sumber tegangan DC (Direct Current).

Catu daya atau power supply  merupakan komponen yang sangat penting dalam bidang elektronika. Catu daya yang baik adalah catu daya yang tegangan keluarannya stabil. Misalnya yang diinginkan tegangan keluaran 9 volt, maka tegangan keluaran pada catu daya harus 9 volt atau berkisar 9 volt. Supaya tegangan keluaran benar-benar sesuai keinginan, maka harus mengetahui skema rangkaian power supply yang dibuat dan dengan menggunakan voltage regulator.

Ada sebuah rangkaian sederhana yang sangat dikenal yaitu Rangkaian Catu Daya Simetris yang dibangun dengan menggunakan sebuah op-amp untuk dipergunakan pada rangkaian kecil lainnya yang membutuhkan tegangan simetris.

Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat dan pelajari gambar skemanya di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Catu Daya Simetris

Komponen-komponen yang diperlukan adalah sebagai berikut :
R1, R2     = 47K
C1, C2     = 10uF/16 Volt
B1         = 9 Volt
A1         = CA 3140, LF 356, 1/4 TL 084, 1/4 324, 741

IC op-amp yang bisa digunakan untuk Rangkaian Catu Daya Simetris  ini banyak sekali. IC tipe 3140 dan 324 cukup baik walaupun menggunakan tegangan baterei 4,5 Volt. Dan sebaiknya ingat arus beban maksimum yang diijinkan melalui pertanahan tiruan tergantung pada jenis IC op-amp yang dipergunakan, tapi umumnya sekitar 20 mA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top