Menu

Rangkaian Charger Handphone di Motor, Cas HP dari Aki dengan USB

Membuat sendiri rangkaian charger HP di motor dengan skema sederhana memberikan kemudahan bagi kita untuk selalu mengecas hp dimanapun berada, termasuk ketika kita sedang dalam perjalanan dapat memanfaatkan sepeda motor sebagai sumber listrik untuk menjadikannya charger darurat.

Sebenarnya tidak terlalu rumit untuk mengetahui seperti apa gambar skema cas hp dari aki sepeda motor menggunakan kabel usb atau soket yang biasa digunakan pada hp jaman sekarang.

Yang diperlukan adalah beberapa komponen sederhana yang dapat kita temukan di toko elektronika, dengan sedikit kreatifitas maka hal tersebut sudah dapat dijadikan sebagai charger motor dengan usb.

Cara membuat charger HP di motor matic atau motor sport

Dalam hal ini kita tidak melihat jenis sepeda motor entah itu matic vario, beat, mio, dll namun kita akan berpatokan pada sumber daya yang digunakan pada motor tersebut. Yaitu akumulator atau aki yang pada umumnya menggunakan aki tegangan 12 volt DC, sehingga kita dapat menyesuaikan penggunaan komponen charger nantinya agar cocok dengan sumber daya aki tersebut.

Pada proses pembuatan cas handphone dari aki menggunakan socket usb dan sebagainya, komponen yang diperlukan juga tidak terlalu sulit didapatkan. Sebenarnya, sudah ada kit atau rangkaian jadi yang dapat kita beli di toko elektronika kalau tidak mau repot.

Namun disini  kita coba berkreasi sendiri dengan membuat cas hp di sepeda motor berbekal skema yang diperoleh dari internet, tentu saja komponen yang digunakan juga menyesuaikan dengan keadaan.

Adapun skema rangkaian charger motor untuk segala jenis HP secara umum adalah seperti berikut:

Dari gambar diatas dapat kita lihat beberapa jenis komponen yang digunakan, masing-masing sudah terdapat nilai dan besaran yang harus diketahui. Dalam hal ini harus tepat apalagi yang akan kita gunakan adalah sumber tegangan DC 12 volt dari aki yang memiliki ampere besar, tentunya penggunaan komponen juga harus tepat agar tidak menimbulkan kegagalan.

Pada dasarnya tidak terlalu rumit apalagi kalau sudah kita mulai dengan menggunakan pcb kosong kemudian mencocokkan gambar skema pada papan pcb, tentu lebih mudah dipahami.

Adapun komponen tambatan yang diperlukan antara lain:

  • Kabel secukupnya
  • Socket USB
  • Tenol
  • Solder
  • Lem bakar atau lem sejenis untuk merekatkan, kalau memungkinkan dapat pula menggunakan baut

Rangkaian charger motor untuk HP segala merk

Yang lainnya dari skema rangkaian charger hp di sepeda motor adalah menggunakan rangkaian yang lebih sederhana, tentunya mudah untuk dipahami dan dapat digunakan untuk segala mek HP. Seperti pada contoh dibawah ini.

Patut kita perhatikan adalah mengukur output dari charger tersebut, sebaiknya ampere tidak melebihi dari 1 ampere, seperti halnya rangkaian charger hp pada umumnya. Kalau terlalu besar dikhawatirkan akan cepat merusak baterai atau bahkan hp itu sendiri.

Sehingga kita perlu menyesuaikan kembali besarnya ampere dan tegangan  yang sesuai dan jangan sampai salah dalam pemasangan karena ini menggunakan sumber tegangan DC. Kalau masalah pemasangan socket usb dan peletakan pada sepeda motor mau disebelah mana, itu tentu tergantung selera masing-masing. Juga bagaimana sebaiknya menata tempat yang paling aman dan strategis sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat berada diatas sepeda motor.