Menu

Rangkaian Detektor Medan Elektromagnet

Rangkaian Detektor Medan Elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada di sekitar kita, salah satu contohnya adalah sinar matahari, gelombang ini tidak memerlukan medium perantara dalam perambatannya. Contoh lain adalah gelombang radio. Energi elektromagnetik dipancarkan atau dilepaskan  oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbeda-beda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi, semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan dan semakin tinggi frekuensinya.

Sobat BE, tanpa kita sadari keberadaan gelombang elektromagnetik sangat besar peranannya bagi kehidupa kita. Namun ada juga efek negatif dari gelombang elektromagnetik ini sehingga kita pun harus mewaspadainya. Medan elektromagnetik bisa juga mempengaruhi kondisi kesehatan manusia bahkan ada sebagian barang-barang elektronika yang rentan terhadap medan elektromagnetik sehingga lama-kelamaan bisa rusak. Nah untuk mengetahui keberadaan medan elektromagnetik, kami mengetengahkan Rangkaian Detektor Medan Elektromagnetik untuk Anda.

Gambar Skema Rangkaian Detektor Medan Elektromagnetik

Gambar Skema Rangkaian Detektor Medan Elektromagnetik

Rangkaian Detektor Medan Elektromagnetik ini mudah dibuat dan lebih sensitif dari perangkat komersial yang tersedia di pasaran. Rangkaian ini didasarkan pada  penguat operasional LF351 dan choke 1mF bertindak sebagai sensor. Tidak seperti kebanyakan detektor EMF sederhana lainnya, yang satu ini memiliki output meter untuk pembacaan yang akurat, tapi sebagai alternatif, Anda juga dapat secara kasar memperkirakan frekuensi lapangan dengan mencolokkan headphone. Hal ini dapat mendeteksi bidang apapun dari 50Hz sampai 100kHz sehingga sangat fleksibel.