Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Kontrol Nada Pasif

Rangkaian Kontrol Nada Pasif

Rangkaian Kontrol Nada Pasif  adalah rangkaian pengatur nada dalam sebuah tatanan sistem audio yang menggunakan komponen-komponen pasif. Tone Kontrol memang ada dua macam, yaitu tone kontrol aktif dan tone kontrol pasif. Walaupun rangkaian ini tergolong pasif, namun tetap berkualitas. Rangkaian ini membutuhkan sedikit komponen, biayanya sangat efektif dan sebagian besar komponen yang dibutuhkan mudah ditemukan. Meskipun opamp merupakan elemen aktif dan digunakan dalam rangkaian, bagian kontrol nada sepenuhnya pasif dan itulah mengapa rangkaian ini dinamakan begitu.

Gambar Skema Rangkaian Kontrol Nada Pasif

Gambar Skema Rangkaian Kontrol Nada Pasif

Gambar Skema Rangkaian Power Supply Kontrol Nada

Gambar Skema Rangkaian Power Supply Kontrol Nada

 

Rangkaian ini terdiri dari dua bagian. Pertama tahap op-amp berbasis preamplifier dan kedua rangkaian kontrol nada pasif Baxandall. Tahap preamplifier adalah penguat non inverting berdasarkan TL072. R2 adalah resistor umpan balik yang bersama-sama dengan resistor R1 mengatur gain dari tahap ini dan dengan nilai 23. Gain tegangan dalam modus non-pembalik dinyatakan menggunakan persamaan Av = 1 + (R2/R1). Nilai R3 (Rin) diambil sebagai kurang lebih sama dengan impedansi output dari TL072. C2 adalah input DC decoupling kapasitor dan juga menetapkan batas memotong frekuensi rendah. R4 meminimalkan resistor yang mengurangi efek output tegangan pada output dari penguat dan nilainya diambil sebagai kurang lebih sama dengan R1 | | R2. Tahap preamplifier dinyalakan denga menggunakan pasokan/catu daya ganda +15 / -15. Kapasitor C3 menggandeng tahap preamplifier dengan tahap tone kontrol.

Tahap kontrol nada adalah rangkaian kontrol nada pasif Baxandall yang dapat menghasilkan potongan atau dorongan 20dB. POT R6 digunakan untuk mengendalikan bass sementara POT R9 dapat digunakan untuk mengendalikan treble. POT R10 berfungsi sebagai pengontrol volume suara sementara POT R11 dapat digunakan untuk mengatur keseimbangan (balance). Resistor R8 memberikan beberapa isolasi tahap kontrol antara kontrol bass dan treble.

Rangkaian kontrol nada pasif Baxandall juga dikenal sebagai James Network adalah rangkaian mandiri untuk menyesuaikan nada bass dan treble untuk aplikasi audio berkualitas tinggi. Rangkaian ini seluruhnya didasarkan pada komponen pasif dan kinerja yang sangat unggul. Dalam banyak rangkaian kontrol nada pasif lama ada banyak interaksi antara dua kontrol dan ada banyak asimetri. Masalah tersebut benar-benar dihilangkan dalam rangkaian kontrol nada Baxandall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top