Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Lampu Baca Otomatis

Rangkaian Lampu Baca Otomatis

Rangkaian Lampu Baca Otomatis adalah rangkaian aplikasi elektronika dimana rangkaian ini bisa menghasilkan energi cahaya seperti halnya lampu pijar sebagai penerang ruangan atau kamar. Orang bijak bilang, buku adalah gudang ilmu.  Membaca buku memang salah satu kegiatan yang mengasyikkan, selain mendapatkan ilmu pengetahuan sekaligus sebagai hiburan. Bahkan membaca oleh sebagian orang dijadikan trik  supaya cepat terlelap tidur.  Tak heran jika banyak orang membaca buku (novel, majalah, dll) sembari menanti kantuk datang.

Guna melakukan aktivitas membaca di kamar tidur biasanya menggunakan lampu baca.  Persoalan lain timbul tatkala Anda tiba-tiba tertidur pulas sehingga lupa memadamkan (mematikan) lampu baca tersebut.  Dari segi ilmu ekonomi jelas Anda rugi karena dengan tidak memadamkan lampu baca berarti Anda tidak hemat energi.  Nah untuk mengatasi masalah ini maka terciptalah Rangkaian Lampu Baca Otomatis. Gambar skemanya kami sajikan di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Baca Otomatis

Berikut ini daftar komponen yang diperlukan :
R1 = 1K
R2 = 4K7
R3 = 10M
R4 = 1M
R5 = 10K
C1 = 470µF / 25V
C2- C4 = 100nF / 63V
C1 = 470µF / 25V
C2- C4 = 100nF 63V
D1- D4 = 1N4002
D5 = 5 mm LED warna merah
IC1 = CD4012
IC2 = CD4060
Q1 = BC  328
Q2 = BC 547
P1, P2 = Saklar
T1 = Transformator 9 Volt 1VA
RL1 = Relay 10.5V 470 Ohm 2A 220V
PL1 = Plug cowok
SK1 = Soket cewek

Rangkaian Lampu Baca Otomatis ini akan menyalakan sebuah lampu atau alat lain untuk waktu tertentu (misalnya 30 menit) dan kemudian mematikannya. Hal ini sangat berguna ketika Anda membaca di tempat tidur pada malam hari. Rangkaian ini akan  mematikan lampu samping di tempat tidur Anda secara otomatis setelah pembaca tertidur.  Biasanya untuk menunggu kantuk datang perlu waktu baca sekitar 30 – 60 menit. Setelah turn-on dengan menekan tombol P1, LED menyala selama sekitar 25 menit, tapi kemudian mulai berkedip selama dua menit, berhenti berkedip selama dua menit dan berkedip selama dua menit sebelum beralih lampu padam, sehingga menandakan bahwa tepat waktu baca ini segera berakhir. Jika Anda ingin memperpanjang bacaan, lampu  bisa mendapatkan lagi setengah jam cahaya dengan menekan P1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top