Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Lampu Disko

Rangkaian Lampu Disko

Rangkaian lampu disko dapat dengan mudah dibuat dengan menggunakan timer 555 dalam mode astabil. Rangkaian dua LED ini berkedip dengan beberapa penundaan dan dapat dengan mudah dimodifikasi untuk beberapa LED atau untuk mengendalikan lampu pijar. Jangka waktu osilasi ditentukan oleh konstanta waktu rangkaian RC.

Pin 1 dan pin 8 dari 555 digunakan untuk memberikan tenaga. Pin 4 adalah reset yang merupakan input aktif rendah dan dipasang ke Vcc untuk menghindari me-reset yang disengaja. Pin 5 adalah pin Voltage Control yang tidak digunakan dalam aplikasi ini, maka didasarkan melalui kapasitor 0.01μF untuk menghindari suara frekuensi tinggi. Ketika output adalah nilai kapasitor tinggi ke Vcc melalui resistor R1 dan DiodaKetika output adalah discharge kapasitor rendah melalui resistor R2 dan discharge pin (7) dari 555.

Ketika output rendah (0V) LED bersinar LED tinggi dan ketika output tinggi (5V) LED bersinar rendah. Alih-alih membatasi arus resistor R3, R4 Anda dapat menggunakan LED lain, sehingga dua LED akan datang dalam seri. Anda dapat menggunakan tegangan suplai yang lebih tinggi jika Anda perlu untuk mendorong LED lebih banyak. LM/NE555 dapat bekerja hingga 16V dan SE555 dapat bekerja hingga 18V. IC 555 mendapatkan pasokan hingga arus 200mA, jika Anda perlu menggunakan lebih banyak arus pengemudi transistor. Anda juga dapat menghubungkan rangkaian ini untuk relay guna mengendalikan lampu pijar seperti yang ditunjukkan di gambar skema Rangkaian Lampu Disko di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Disko

Gambar Skema Rangkaian Lampu Disko

Tata Letak Relay

Tata Letak Relay

 


Dalam Rangkaian Lampu Disko ini transistor berfungsi sebagai switch/saklar, ketika input basis transistor tinggi maka menyala dan relay diberi energi. Karena output dari timer 555 adalah gelombang persegi, relay mendapatkan tenaga dan terus menerus berenergi. Lampu pijar menyala karena mereka terhubung ke Normal Terbuka (NO) dan Normal Tertutup (NC) dari output sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top