Menu

Rangkaian Lampu Tembak Otomatis

Rangkaian Lampu Tembak Otomatis adalah rangkaian elektronika yang bisa mematikan lampu tembak secara otomatis bila sudah tidak diperlukan lagi.  Headlamp atau lampu tembak adalah lampu besar yang terpasang di bagian depan mobil. Lampu tembak ini biasanya digunakan untuk menerangi sebuah obyek atau dari jarak jauh selagi mobil tersebut meluncur di jalan.  Lampu tembak digunakan pada waktu malam hari ketika gelap mulai menyergap mata atau pagi hari ketika jalanan masih berkabut sehingga menghalangi jarak pandang kita.

Masalah lain muncul, setelah menggunakan lampu tembak mungkin Anda sering lupa mematikan lampu tersebut.  Biasanya begitu mobil disimpan ke dalam garasi, Anda lupa mematikannya.  Mungkin karena Anda sedang tergesa-gesa atau kelelahan sehingga malas untuk mematikannya padahal lampu itu cukup besar menyedot catu daya dari aki. Kalau keadan seperti ini sering terjadi dan dibiarkan berlarut-larut, maka aki jadi sering minta diisi ulang. Di bawah ini bisa Anda pelajari gambar skema Rangkaian Lampu Tembak Otomatis.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Tembak Mati Otomatis

 

Rangkaian Lampu Tembak Otomatis ini secara otomatis akan mematikan lampu tembak mobil setelah waktu tertentu setelah kunci kontak dimatikan sehingga Anda dapat keluar dengan nyaman dari garasi. Adapun prinsip kerjanya sebagai berikut. Ketika kunci kontak dinyalakan pertama kali tegangan dari batere diumpankan ke relay melalui dioda D1. Ketika kunci kontak dimatikan menghasilkan pulsa negatif di 2 pin yang memicu pewaktu. Output dari IC  naik untuk waktu yang ditetapkan oleh R1. Hal ini membuat transistor Q1  bekerja memberi energi untuk menggerakkan relay lampu depan. Setelah waktu yang ditetapkan akhirnya lampu pun mati. Dengan merubah nilai tahanan / resistor (R1) yang digunakan Anda dapat membuat setting penundaan waktu dari 10 detik sampai 60 detik.