Menu

Rangkaian Lilin Elektronik

Rangkaian Lilik Elektronik adalah rangkaian elektronik yang menggunakan LED sebagai sumber cahaya pengganti lilin biasa. Lilin berasal dari bahan yang terbuat dari parafin, mudah mencair jika dipanaskan, dapat dipakai sebagai pelita dan atau untuk membatik. Rangkaian ini mempekerjakan penggunaan P1 tombol push SPST, saklar untuk memulai operasi rangkaian sebagai saklar tekan. LED akan menyala terus pada tahap ini karena transistor Q2 dan Q3 sedang membentuk sepasang diri menempel dengan mengunci satu sama lain. Sebuah mikrofon electrets kecil digunakan sehingga hembusan kuat atau hentakan oleh seseorang di sekitarnya akan menghasilkan sinyal yang akan diperkuat oleh Q1. Kombinasi D1 dan C2 akan membentuk sebuah pulsa positif agak panjang yang akan mengatur ulang pasangan menempel melalui emitor dari Q2.

Sebuah pass filter sederhana yang tinggi akan bekerja oleh nilai yang sangat rendah dan tidak biasa pada kapasitor C1. Ini adalah bagian penting dari rangkaian karena bertanggung jawab untuk mencegah kebisingan lingkungan atau pembicaraan normal yang menyebabkan perangkat mati. Di bawah ini disajikan gambar skema Rangkaian Lilin Elektronik untuk dipelajari.

Gambar Skema Rangkaian Lilin Elektronik

Sebuah lampu pijar yang memuaskan dapat diganti dengan menggunakan LED yang memiliki nilai 3 V sampai 3,5 V dengan daya output 0,7 W pada arus 200 mA. Jika digunakan, R5, R6, dan D2 dapat diabaikan dan nilai R4 diubah menjadi 1K5 sementara bohlam adalah kabel di tempat R5. Menggunakan lampu pijar bukan LED, dengan 1,5 V pada 0,3 A, dapat diberikan oleh sumber baterai 1,5 V. Anda tertarik? Silakan mencoba Rangkaian Lilin Elektronik ini.