Menu

Rangkaian Mikrofon Speaker

Rangkaian Mikrofon Speaker – Mikrofon adalah alat untuk mengubah gelombang bunyi ke dalam isyarat listrik untuk penyiaran atau perekaman bunyi, seperti pidato dan musik. Namun karena sesuatu hal yang menyebabkan mikrofon tersebut tidak bisa berfungsi lagi alias rusak. Akibatnya gelombang bunyi yang akan dihantarkan pun terhambat sehingga bunyi atau suara pun tidak terdengar. Dalam keadaan kondusif, kita gampang menggantinya dengan membeli mic yang baru dari toko elektronika. Hanya saja bila waktu kejadian mikrofon rusak ternyata kita jauh dari toko elektronika atau sudah larut malam dimana toko-toko pun sudah pada nutup sedangkan kita memerlukan sekali mikrofon tersebut. Rangkaian Mikrofon Speaker bisa mengatasi masalah ini.

Rangkaian Mikrofon Speaker ini memungkinkan Anda untuk menggunakan loudspeaker murah sebagai mikrofon. Gelombang suara mencapai kerucut speaker menyebabkan fluktuasi dalam kumparan suara. Kumparan suara yang bergerak di medan magnet speaker akan menghasilkan sinyal listrik kecil. Rangkaian ini dirancang untuk digunakan dengan tegangan operasi antara 6 dan 12 volt DC. Transistor pertama beroperasi dalam mode dasar umum. Ini memiliki keuntungan dari pencocokan impedansi input rendah speaker  ke tahap dasar umum, dan kedua memiliki gain tegangan tinggi. Tahap kedua adalah digabungkan langsung dan beroperasi di pengikut emitor. Gain tegangan sedikit kurang dari satu, tapi impedansi keluaran rendah, dan akan mendorong kabel panjang.

Gambar Skema Rangkaian Mikrofon Speaker

Gambar Skema Rangkaian Mikrofon Speaker

Kualitas bicara memang tidak sebagus dibandingkan dengan mikrofon biasa atau ECM, namun hasil yang dapat diperoleh dari Rangkaian Mikrofon Speaker cukup dapat diterima. Kerucut speaker dengan diameter 1 inci sampai 3 inci dapat digunakan. Impedansi speaker  mungkin 4 ohm sampai 64 ohm. Nilai resistor 8,2 ohm dapat diubah untuk mencocokkan impedansi speaker yang sebenarnya.

One Comment
  1. ashadi