Menu

Rangkaian Mikrofon Tanpa Kabel (Wireless)

Rangkaian Mikrofon Tanpa Kabel adalah rangkaian aplikasi yang merupakan modifikasi dari mikrofon lama.  Seperti kita ketahui bersama, mikrofon yang selama ini kita kenal menggunakan kabel sebagai penghubung dan penghantar sinyal audio dari sumber bunyi (source) ke pengeras suara.  Adanya kabel ini ternyata cukup mengganggu mobilitas orang di sekitarnya.  Orang jadi tidak leluasa bergerak karena takut tersangkut kabel.  Selain itu dengan banyaknya /panjangnya kabel yang terjulur, tentu dong jadi merusak pemandangan. Atas dasar itulah kita coba menghilangkan penggunaan kabel sebagai media perantaranya diganti dengan sistem nirkabel (tanpa kabel).

Anda tentu sering melihat di acara-acara televisi, terutama program musik seperti Inbox, Dahsyat, Dering dan lain sebagainya dimana pembawa acara (host) dan penyanyi sekarang umumnya menggunakan mikrofon tanpa kabel. Coba bandingkan dengan mikrofon yang masih dipergunakan dalam acara kendurian di pedesaan.  Di atas panggung mikrofonnya masing menggunakan kabel sebagai media perantara sumber bunyi dan pengeras suaranya.  Keadaan ini tentu saja mengganggu lalu lintas orang yang berada di sekitarnya.  Untuk mengatasi hal seperti itu maka kita perlu membuat Rangkaian Mikrofon Tanpa Kabel.

Daftar komponen yang diperlukan :
R1             = 68K
R2             = 5K6
R3             = 680
C1             = 4,7uF/12V
C2             = 0,2nF
C3             = 20pF
C4             = 5pF (varco)
Tr1            = transistor tipe 2SA 102
Mikrofon       = mic condenser
Transformator  = OT

Ada beberapa keuntungan jika kita menggunakan mikrofon tanpa kabel, diantaranya; orang yang berbicara atau penyanyi jadi leluasa bergerak, pembicara atau penyanyi bisa lebih konsentrasi, tidak terganggu oleh kabel, lebih praktis dan efisien. Rangkaian Mikrofon Tanpa Kabel termasuk rangkaian yang sederhana dan hemat energi.  Bukan apa-apa, catu daya yang diperlukan oleh rangkaian ini cuma 6V DC lho.