Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Peluit Anjing Ultrasonik

Rangkaian Peluit Anjing Ultrasonik

Rangkaian Peluit Anjing Ultrasonik adalah rangkaian elektronik yang prinsip kerjanya mirip dengan rangkaian pengusir serangga, yakni memanfaatkan gelombang ultrasonik. Seperti kita ketahui bahwa banyak binatang sangat sensitif terhadap suara frekuensi tinggi yang tidak dapat mendengar manusia. Banyak alat pengusir hama tersedia di pasaran berdasarkan prinsip ini, kebanyakan dari alat-alat tersebut beroperasi dalam kisaran frekuensi 30-50 kHz.

Rangkaian Peluit Anjing Ultrasonik ini berupa  sebuah generator suara yang sedikit berbeda dan agak lebih kuat frekuensi audio/ultrasoniknya yang dapat digunakan untuk melatih anjing. Dengan rangkaian ini Anda bisa membuat hewan peliharaan Anda berpikir dua kali sebelum menggonggong di tengah malam yang tentunya mengganggu tidur Anda. Dari apa yang telah kami baca, anjing dan mamalia dengan ukuran hampir sama berperilaku banyak berbeda daripada serangga. Mereka cenderung memberikan merespon terbaik untuk frekuensi antara 15 dan 25 kHz dan yang lebih tua kurang rentan terhadap nada lebih tinggi. Ini berarti bahwa alat pengusir serangga biasa tidak akan bekerja hanya karena anjing tidak dapat mendengarnya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membangun sebuah rangkaian baru berdasarkan NE 555 dengan variabel pitch dan piezo mini relatif keras 82 dB.

Rangkaian Peluit Anjing Ultrasonik bisa ditempatkan dalam kotak plastik kecil dan jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan LED sebagai lampu pilot. Konsumsi daya sangat kecil dan dengan baterai 9V bisa bertahan lama. Rangkaian ini bisa menjadi perangkat sederhana “anti-gonggong” segera anjing mulai menggonggong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top