Menu

Rangkaian Pembangkit Suara Hujan

Rangkaian Pembangkit Suara Hujan – Anda mungkin pernah mendengarkan sandiwara radio yang disiarkan sebuah stasiun radio. Biarpun kita cuma mendengarkan suaranya, kedengarannya seru banget, seolah-olah kita melihat cerita itu di layar film atau televisi. Semua itu karena adanya efek suara sehingga seolah-olah terjadi sebenarnya. Misalnya suara gemericik air hujan, petir dan sebagainya.

Sekarang yuk kita coba bikin efek suara tersebut. Kita bikin suara efek yang meniru suara air hujan. Pastinya asyik bila kita bisa memproduksi dan memadukan beberapa efek suara. Di bawah ini bisa Anda lihat gambar Rangkaian Pembangkit Suara Hujan.

Gambar Skema Rangkaian Pembangkit Suara Air Hujan

Adapun komponen-komponen yang harus disiapkan adalah :
R1 = 100K
R2 = 1,5M
R3 = 10K
C1 = 10uF
C2 = 10uF
C3 = 33nF
D  = DUG
T1 = BC107
P1 = 100K

Rangkaian pembangkit suara hujan ini mensimulasikan suara hujan dan dapat digunakan dalam bidang musik elektronik dan acara radio. Sebagai sumber suara kita menggunakan dioda germanium yang langsung terpolarisasi. Kemudian adalah penguat oleh amplifier satu tahap untuk memperoleh tingkat audio dapat diterima. Sebuah high-pass filter dengan pengaturan batas bawah dibangun dengan P1 dan C3, memungkinkan cakupan dari seluruh rentang efek suara dari hujan biasa dan hujan deras. Konsumsi arus rendah sehingga Anda dapat menggunakan baterai 9 Volt. Selain BC107 Anda dapat menggunakan transistor NPN. Selamat mencoba dan semoga berhasil.