Menu

Rangkaian Pendeteksi Rangkaian Konslet

Rangkaian Pendeteksi Rangkaian Konslet – Rangkaian elektronika selalu berhubungan dengan arus listrik, baik arus lemah maupun arus kuat. Dengan demikian hal yang wajar bila pada satu waktu terjadi konslet atau hubungan pendek. Jika kita tidak sigap dan cepat tanggap menghadapi masalah konslet ini bisa-bisa rangkaian/perangkat elektronika tersebut mengalami kerusakan parah.

Guna mengantisipasi masalah tersebut kami ketengahkan Rangkaian Pendeteksi Rangkaian Konslet. Rangkaian atau alat ini memberi bip peringatan jika ada hubungan pendek/konslet pada papan rakitan. Oleh karena itu membantu untuk segera mematikan power supply guna menyelamatkan komponen berharga. Jika papan sirkuit OK, lampu LED hijau menayla menunjukkan bahwa power supply adalah normal. Jika ada hubungan pendek di trek PCB atau pin dari komponen, LED hijau mati dan Buzzer terdengar menunjukkan rangkaian konslet.

Gambar Skema Rangkaian Pendeteksi Rangkaian Konslet

Daftar komponen :
R1   = 47K
R2   = 47K
R3   = 1K
D1   = IN4007
D2   = IN4007
T1   = BC 547
T2   = BC 547
LED  = warna merah dan warna hijau
Buzzer

Sedangkan BC 547 untuk merasakan arus pendek. Jika papan rakitan normal, arus mengalir dari catu daya melalui polaritas melindungi dioda D1. Papan rakitan mendapatkan daya dan lampu LED Hijau. Pada saat yang sama T2 membias maju dan kolektor menuju ground. Hal ini membuat T1 off karena tidak adanya bias basis. Buzzer dan LED merah terhubung ke kolektor T1 tetap mati. Jika ada rangkaian konslet di papan yang diuji, bias terbalik D2 dan T2 akan mati. Sekarang basis T1 menjadi tinggi dan bekerja. Ini akan menyalakan Buzzer dan LED merah menunjukkan arus pendek. Semoga Rangkaian Pendeteksi Rangkaian Konslet ini bermanfaat bagi Anda.