Menu

Rangkaian Penerima Radio Regeneratif

Langkah pertama dalam merakit rangkaian penerima radio regeneratif ini ialah mengubah gulungan antena dengan memperlengkapinya dengan gulungan tickler. Buatlah gulungan sebanyak 15 gulungan di atas gulungann yang terdahulu. Dimulai dari ujung yang dihubungkan ke tanah kira-kira 6 mm dari ujung. Kemudian ujung-ujung gulungan ini dikaitkan dengan solasiban. Sisakan kabel-kabel ujung gulungan tersebut masing-masing sepanjang 25 cm. Pasangkan kembali gulungan tersebut pada alas rangkaian.

Sinyal dari pemancar yang dipungut oleh antena pada rangkaian penerima radio regeneratif ini dibawa ke rangkaian tuning dimana sinyal ini dipilah-pilahkan. Dari sini dilangsungkan ke transistor. Sinyal yang telah diperkuat dan keluar dari kolektor diumpankan pada gulungan tickler menginduksikan diri pada gulungan yang lain menyebabkan sinyal yang masuk menjadi kuat. Sinyal yang telah menjadi kuat ini diumpankan pada transistor dan menghasilkan feedback lewat rangkaian tickler. Getaran feedback ini berulang kembali terus-menerus dan dinamakan proses regeneratif.

Gambar Skema Rangkaian Penerima Radio Regeneratif

Gambar Skema Rangkaian Penerima Radio Regeneratif

Daftar komponen :
1. Gulungan antena yang dilengkapi gulungan tickler.
2. Kondensator variable.
3. Transistor PNP tipe 2N107 atau sejenisnya.
4. Potensiometer 5K – 500K.
5. Resistor 500 K.
6. Kondensator 0,05uF.
7. Kondensator 0,001uF.
8. Kondensator 100pF.
9. Headphone/Earphone.
10. Sakelar SPST.
11. Sumber daya 3 Volt DC.
12. Kawat antena.
13. Kawat hubungan ke tanah.

Jika proses regeneratif tidak dibatasi maka akan bangkit energi sinyal yang berlebihan dan akan memancar (osilasi). Proses osilasi akan terdengar sebagai siulan, dengungan, cuitan atau suara gangguan yang lain. Potensiometer berfungsi sebagai pengatur proses regeneratif. Pesawat penerima radio regeneratif harus ditune secara hati-hati.

Pesawat penerima radio regeneratif sangat sensitif terhadap sinyal-sinyal yang lemah dan menghasilkan selektivitas yang lebih tinggi dari yang lain. Selamat mencoba rangkaian penerima radio regeneratif dan semoga berhasil.