Menu

Rangkaian Pengaman Pribadi

Rangkaian Pengaman Pribadi adalah rangkaian elektronika yang pada dasarnya merupakan sebuah alarm sederhana.  Di Indonesia yang namanya tindakan kriminal atau kejahatan tergolong masih tinggi. Hal ini terjadi, salah satunya, karena kebutuhan ekonomi tinggi sementara pendapatan minim.  Adanya kesenjangan ini menyebabkan orang mengambil jalan pintas, yakni melakukan tindak kejahatan dengan menjambret, merampok dan mencuri.  Penjambretan termasuk kasus yang sering terjadi, biasanya TKP-nya di jalanan, pasar, supermarket atau swalayan.  Guna mencegah terjadinya penjambretan kita perlu alat khusus yang bisa memberikan peringatan dini.

Rangkaian Pengaman Pribadi ini kami tawarkan buat Anda sebagai salah satu solusi yang cukup efektif dan efisien.  Dari segi dana, pembuatan alat ini tidak mahal dan dari segi perakitan, pembuatan alat ini tidak sulit.  Yach dari pada dompet, tas atau kantong Anda dijambret pencoleng, mendingan membuat alat ini.  Di bawah ini kami sajikan gambar skema Rangkaian Pengaman Pribadi.  Silakan dilihat dan dipelajari.  Siapa tahu Anda berminat?!

Gambar Skema Rangkaian Pengaman Pribadi

 

Rangkaian Pengaman Pribadi ini menggunakan transistor BC547 dan BC327 sebagai otak rangkaian, magnet kecil dan saklar buluh. Magnet kecil Anda dekatkan  dengan saklar buluh (SW1). Alur kerjanya sebagai berikut;  saat magnet kecil sedang terhubung ke tangan atau pakaian dari orang yang membawa tas dengan menggunakan kabel kecil. Magnet kecil ini akan kehilangan kontak dengan saklar buluh ketika tiba-tiba ada yang menyambar tas. Rangkaian mulai berosilasi jika saklar buluh terbuka dan akan menghasilkan suara keras (alarm) dari loudspeaker. Rangkaian ini membutuhkan catu daya sebesar 3 Volt.  Jadi bisa diisi dua baterai kecil sebagai catu dayanya.