Menu

Rangkaian Penguji Kelembaban Tanah

Rangkaian Penguji Kelembaban  Tanah – Tumbuh suburnya suatu tanaman ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kelembaban tanah. Bila tanah kering, tanaman akan mati. Apalagi tanaman tersebut disimpan dalam pot.

Bagi kita yang tidak suka kotor karena memegang tanah serta ingin mengetahui kelemababan tanah supaya tanaman tidak mati kekeringan di sini perlu kiranya kita menciptakan sebuah rangkaian atau alat penguji. Alat penguji kelembaban tanah sederhana ini dengan cepat memeriksa keadaan tanaman dan berapa banyak air yang mereka butuhkan.

Di bawah ini kami sajikan Rangkaian Penguji Kelembaban Tanah. Silakan lihat dan pelajari gambar skemanya.

Gambar Skema Rangkaian Penguji Kelembaban Tanah

Gambar Skema Rangkaian Penguji Kelembaban Tanah

Daftar komponen :
Resistor:
R1 = 100kΩ
R2 = 2kΩ7
R3 = 2kΩ2
P1 = 500kΩ preset H
Capacitor:
C1 = 470μF 16V radial
C2,C3 = 10μF 16V radial
C4 = 100nF
Semiconductor:
D1 = 1N4001
D2 = 1N4148
D3,D4,D5 = LED hijau
D6-D9 = LED kuning
D10,D11,D12 = LED merah
IC1 = LM7805
IC2 = LM3914-N
Lain-lain:
Tr1 = mains transformer, secondary 6 V 200mA
F1 =fuse 200 mA
JP1 = short-circuiting jumper
K1 = 2-way PCB terminal block, lead pitch 7.5mm

Tanaman tampaknya memiliki kesamaan dengan hewan peliharaan. Mereka biasanya dipelihara dengan upaya terbaik, tapi tidak semua orang tampaknya dapat merawat mereka dengan benar. Tentu saja kita tidak mengharapkan semua orang untuk memiliki jari hitam gara-gara sering memegang tanah lahan, tetapi ketika tanaman tidak disiram cukup, mereka akan mati. Dalam hal apapun, pengabaian terlalu banyak biasanya memiliki konsekuensi fatal.

Jadi apa yang bisa kita lakukan? Ini benar-benar sederhana. Yang dibutuhkan adalah pemeriksaan rutin untuk merasakan jika tanah dalam pot telah menjadi terlalu kering.  Sebuah perangkat elektronik kecil dapat digunakan untuk mengatasi kita dari masalah ini.

Rangkaian ini mungkin sangat sederhana, tapi Rangkaian Penguji Kelembaban Tanah ini sangat berguna. Dua elektroda terjebak dalam tanah dan tingkat kelembaban ditampilkan pada layar LED. LED telah diatur ke dalam tiga warna: LED hijau menunjukkan bahwa tanah lembab, LED kuning yang itu sedikit kering dan LED merah memperingatkan bahwa tindakan segera diperlukan!