Menu

Rangkaian Pengusir Insomnia

Insomnia adalah sebuah penyakit dimana penderita mengalami kesulitan untuk tidur saat waktu tidur datang.  Padahal tidur sangat penting sekali sebab di saat kita tertidur terjadi proses regenerasi sel di dalam tubuh. Bisa Anda bayangkan tubuh kita akan seperti apa bila kurang tidur karena sulit tidur. Banyak faktor pencetus yang menyebabkan seseorang sulit tidur. Hal ini bisa karena faktor internal dan eksternal, misalnya banyak pikiran, suasana kamar tidur yang tidak mendukung, dan lain sebagainya. Dalam mengatasi insomnia sebagian besar mengkonsumsi pil tidur. Namun pil tidur ini cukup berbahaya bila digunakan dalam jangka waktu lama karena sebagaimana pil lainnya pil tidur terbuat dari zat kimia yang nota bene adalah racun juga. Rangkaian Pengusir Insomnia merupakan alternatif baru dalam upaya menangani penyakit sulit tidur ini.

Rangkaian Pengusir Insomnia merupakan rangkaian sederhana yang menghasilkan efek suara hujan. Para peneliti Jepang adalah yang pertama menemukan bahwa suara hujan memiliki efek relaksasi. Dengan bantuan rangkaian sederhana ini kita bisa menghasilkan suara hujan yang dapat membantu untuk meninabobokan/menidurkan seseorang dalam kasus insomnia. Nah, di bawah ini bisa Anda lihat dan pelajari gambar skemanya.

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Insomnia

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Insomnia

Daftar komponen yang dibutuhkan :
R1 = 270K
R2 = 100 Ohm
R3 = 220K
R4 = 270K
R5 = 2,7K
R6 = 220 Ohm
R7 = 47 Ohm
C1 = 10nF
C2 = 0,1uF
C3 = 1nF
C4 = 10uF/25V
T1 = BC107A
T2 = 2N1613
IC1 = 741
P1 = 47K
P2 = 100K
LS = 4 – 32 Ohm
Catu Daya = 12 – 30V/60mA

Sebenarnya Rangkaian Pengusir Insomnia ini adalah rangkaian pembangkit suara hujan. T1 digunakan sebagai generator kebisingan dan sinyal diperkuat oleh IC 741 dan melalui T2, R7 dan C4 pergi ke headset dengan resistansi rendah. Jika Anda tidak ingin menggunakan headphone Anda bisa menggantinya dengan menggunakan speaker dengan impedansi antara 4  sampai 32 Ω. Dengan bantuan dari P1 dapat menyesuaikan tingkat suara dan P2 dengan nada.