Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis

Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis

Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis adalah rangkaian aplikasi elektronika yang bisa menutupkan pintu garasi secara otomatis. Garasi memang cukup penting keberadaannya bagi Anda yang memiliki kendaraan, terutama mobil. Disimpan dalam garasi membuat mobil jadi awet karena terhindar dari pengaruh cuaca seperti sengatan sinar matahari, hujan dan angin. Mobil tidak cepat mengalami pengeroposan.  Selain itu untuk mengamankan dari tindakan pencurian. Garasi biasanya berbentuk sebuah bangunan yang terpisah atau bersatu dengan bangunan / rumah utama.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit si pemilik kendaraan sering malas untuk menutup dan membuka pintu garasi ketika mobil akan masuk atau keluar dari garasi.  Tampaknya memang kurang praktis, jika sudah berada di dalam mobil harus keluar lagi hanya untuk menutup pintu garasi. Apalagi bila Anda ini tergolong salah seorang manusia super sibuk.  Nah, untuk mengatasi masalah ini, kami perkenalkan Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis buat Anda.  Silakan lihat dan pelajari gambar skemanya di bawah ini.

Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis

Rangkaian Penutup Pintu Garasi Otomatis ini memanfaatkan relay sebagai saklar otomatis. Rangkaian ini akan menutup setelah dua menit dengan C3 dan empat menit dengan penambahan C2. Fitur lainnya adalah untuk memastikan bahwa pintu garasi benar-benar bekerja. S3 (NC magnetik) terletak di pintu garasi dan mengaktifkan rangkaian ketika pintu garasi terbuka. RL1 adalah timer reset. Ini dijalankan dalam posisi “on” selama dua menit oleh C3 sedangkan kapasitor pemicu, C4, dibebankan. RL2 adalah saluran, mengarahkan C4 baik pada RL3 atau R1 untuk tanah ketika off. Tujuan R1 adalah untuk mencegah lengkungan seluruh kontak dan debit cepat. RL1 dalam mode mundur akan mengatur ulang dan membuka pintu. Ketika me-reset lagi, pintu akan menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top