Menu

Rangkaian peredam dengung serta cara menghilangkan noise audio

Bagaimana cara menghilangkan dengung pada tone control atau power amplifier? Dengan memahami seperti apa rangkaian peredam dengung yang baik tentu kita dapat menyimpulkan bahwa skema rangkaian peredam noise audio yang bagus harus memenuhi beberapa syarat, sehingga output suara yang dihasilkan akan optimal karena didukung oleh skema rangkaian yang memenuhi standar.

Mendapati kasus amplifier berdengung memang sangat mengganggu, mungkin sepintas hal itu tidak kedengaran bagi kita. Namun saat volume dinaikkan maka akan menimbulkan gangguan yang serius apalagi kalau digunakan untuk sound sistem. Hal ini harus segera ditanggulangi sehingga tidak menimbulkan gangguan yang serius apalagi untuk kegunaan dalam jangka waktu yang lama.

Pada umumnya dengung yang terjadi pada rangkaian audio adalah disebabkan oleh grounding yang kurang bagus, atau ada gangguan noise dari luar. Tidak jarang pula ada kerusakan yang menyebabkan rangkaian audio tidak bekerja dengan optimal, hal ini juga dapat menyebabkan dengung.

Supply tegangan dari power supply juga mempengaruhi dengung atau noise yang ada, sehingga kita harus memastikan power supply dalam kondisi bagus dan tegangan yang dihasilkan bersih dari noise dengan besaran yang stabil.

 

Mendeteksi dengung pada perangkat audio

Memang tidak muda untuk mengetahui dimana letak sumber masalah yang menyebabkan denung perangkat audio, misalnya pada amplifier yang baru saja kita buat dengan teliti, ternyata masih menyisakan pekerjaan lain yakni timbulnya noise yang cukup mengganggu.

Untuk mengatasi dengung yang timbul pada power supply maka kita harus memastikan semua perangkat audio bekerja dengan optimal. Mendeteksi satu persatu masing-masing blok rangkaian audio akan memberikan solusi terkait masalah dengung yang timbul.

Misalnya pada blok power supply, tone control, equalizer sampai pada perangkat power amplifier bekerja dengan normal. Ini dapat dilihat dari besarnya tegangan  yang ada, semua sama dengan tegangan dari power supply, tidak ada yang drop.

Kita dapat mengukur satu persatu blok rangkaian tersebut, dan memastikan semua komponen bekerja dengan optimal. Tidak ada yang kurang tegangan atau kelebihan beban.

 

Cara mengatasi perangkat audio yang mendengung

Selanjutnya kita perlu mengetahui darimana sumber penyebab dengung pada speaker aktif atau amplifier tersebut. Sehingga menemukan rangkaian peredam dengung yang tepat akan dapat dilaksanakan.

Kalau dengung disebabkan oleh buruknya tegangan power supply, maka kita dapat mengukur dan memperbaikinya dengan memberikan power supply yang memadai dengan menggunakan ic penstabil tegangan dan menggunakan elco yang memadai sebagai filternya.

Yang sering terjadi adalah dengun karena buruknya pengkabelan dan jalur ground. Ini dapat menyebabkan masalah serius pada power amplifier, sehingga kita harus menanganinya dengan baik.

Rangkaian peredam dengung yang baik adalah memiliki sistem grounding yang saling terhubung antar titik komponen

Jadi seluruh titik ground pada semua bagian rangkaian memiliki hubungan langsung sehingga tidak ada sinyal gangguan dari luar yang menyebabkan timbulnya dengung. atau adanya ‘sinyal liar’ yang juga berpengaruh pada timbulnya dengung.

Contoh jalur pcb yang baik dan memiliki titik ground saling terhubung misalnya pada pc tone control diatas.