Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Power Inverter 500 Watt

Rangkaian Power Inverter 500 Watt

Rangkaian Power Inverter 500 Watt – Inverter adalah sebuah perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC/Direct Current) menjadi arus bolak-balik (AC/Alternating Current). Inverter mengkonversi arus DC 12/24 volt dari sumber arus backup seperti batere/accu, panel surya / solar cell menjadi AC 220 volt setara arus listrik PLN. Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), inverter ini diperlukan untuk menyediakan sumber arus AC untuk perangkat listrik seperti lampu, televisi, pompa air, dan lain-lain.

Rangkaian Power Inverter 500 Watt ini akan memberikan tegangan output gelombang persegi dengan sangat stabil. Frekuensi operasi ditentukan oleh potensiometer dan biasanya diatur ke 60 Hz. MOSFET tambahan dapat sejajar untuk daya yang lebih tinggi. Disarankan untuk memasang “Fuse” dalam Power Line dan untuk selalu memiliki “Load terhubung”, sementara tenaga sedang diterapkan. Fuse harus bernilai 32 volt dan harus sekitar 10 Ampere per 100 watt output.  Nah, di bawah ini kami sajikan gambar skemanya untuk panduan Anda jika ingin merakitnya atau membuat sendiri.

Gambar Skema Rangkaian Power Inverter 500 W

Gambar Skema Rangkaian Power Inverter 500 W

Power Inverter 500W

Power Inverter 500 Watt

Heat sinks yang tepat harus digunakan pada FET RFP50 N06. FET ini dinilai pada 50 dan 60 Amp Volt.  Jenis lain dari MOSFET dapat diganti jika Anda inginkan. LT1013 ini menawarkan pengendalian yang lebih baik dari LM358, tetapi pilihan ada pada Anda yang akan menggunakan dan merakitnya. Power transformator harus mampu menangani output watt yang dipilih. Juga, heat sinks tepat yang diperlukan di Mos-FET harus diperhatikan agar Rangkaian Power Inverter 500 Watt bekerja optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top