Menu

Rangkaian Q Meter Sederhana

Rangkaian Q Meter Sederhana – Q Meter adalah alat yang dirancang untuk pengukuran faktor Q dari koil serta untuk pengukuran sifat listrik dari kumparan dan kapasitor. Alat ini beroperasi pada prinsip resonansi seri yaitu pada kondisi beresonansi dari tegangan rangkaian seri AC pada kapasitor sama dengan tegangan yang diberikan kali Q dari rangkaian. Jika tegangan yang diberikan di sirkuit disimpan konstan maka voltmeter terhubung pada kapasitor dapat dikalibrasi untuk menunjukkan Q langsung.

Yang ditunjukkan oleh Rangkaian Q Meter Sederhana adalah angka. Sebuah osilator lebar dengan jarak rentang frekuensi dari 50 kHz sampai 50 MHz digunakan sebagai catu daya ke rangkaian. Output dari osilator adalah konsleting oleh nilai resistensi rendah, rsh biasanya urutan 0,02 ohm. Jadi hampir tidak melawan ke dalam rangkaian osilasi dan merupakan sumber tegangan dengan resistansi internal yang sangat kecil atau hampir diabaikan.

Gambar Skema Rangkaian Q Meter Sederhana

Gambar Skema Rangkaian Q Meter Sederhana

Nah, berdasarkan gambar skema rangkaian di atas kita bisa mengetahui cara kerjanya atau prinsip kerjanya. Untuk melakukan pengukuran, kumparan yang tidak diketahui terhubung ke terminal uji instrumen, dan Q Meter disetel ke resonansi baik dengan memvariasikan frekuensi dari osilator atau dengan memvariasikan resonansi kapasitor C. Tegangan pada resistansi rendah, V diukur dengan termo-coupler meter dan tegangan di kapasitor, Vc diukur dengan voltmeter elektronik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Rangkaian Q Meter Sederhana.  Walaupun rangkaian ini sederhana, tapi cukup handal untuk piranti ukur.