Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Sirene Mobil Polisi

Rangkaian Sirene Mobil Polisi

Rangkaian Sirene Mobil Polisi ini merupakan rangkaian elektronika yang bisa digunakan untuk memberi peringatan/warning dengan cara mengeluarkan bunyi.  Sirene mobil polisi memiliki suara yang khas. Dari kejauhan dan tanpa melihat pun orang akan segera tahu bahwa mobil yang akan melintas itu adalah mobil polisi. Sekarang sirene mobil polisi tidak monopoli milik polisi karena kita pun membuat membuat rangkaian yang bisa menghasilkan suara seperti sirene mobil polisi.

Rangkaian ini cukup simpel. Komponen-komponen yang diperlukan pun tidak begitu banyak dan mudah diperoleh di pasaran. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa he he he Rangkaian ini bisa juga dipakai sebagai bel pintu atau di kamar sebagai alarm. Desain kecil yang unik akan memungkinkan Anda untuk menyimpan rangkaian ini hampir di mana saja. Mengoperasikannya bisa dengan 6 V (kombinasi dari empat seri D, AAA atau baterai ukuran AA), 9 V baterai, dan baterai mobil 12 V. Rangkaian Sirene Mobil Polisi ini dirancang untuk pemula maupun ahli.

Gambar Skema Rangkaian Sirene Mobil Polisi

Gambar Skema Rangkaian Sirene Mobil Polisi

Daftar komponen :
2N3904               Transistor     1pc.
TIP30C                Transistor     1pc.
51k Ohms            Resistor        2pc.
1.5K Ohms          Resistor        2pc.
0.1Mf/25v          Kapasitor     1pc.
47Mf/25v           Kapacitor     1pc.
8 Ohms Speaker

Sirine Mobil Polisi

Sirine Mobil Polisi

Kami memilih transistor NPN 2N3904 untuk mendorong kekuatan transistor PNP TIP30C. 2N3904 adalah penguat umum dan saklar transistor yang membuatnya sempurna untuk Rangkaian Sirene Mobil Polisi ini. Penurunan volume dapat dilakukan dengan mudah dengan memperpendek resistor R1 1.5k ohm (coklat, hijau, merah). Ini akan mengurangi arus di dasar Q2. Akibatnya kekuatan untuk speaker akan menurun dari sekitar 5 sampai 6 W ke 200 sampai 300 mWUntuk mengubah nada suara pun mudah dilakukan dengan mengurangi ukuran kapasitor elektrolit yaitu C2 = 22uF, 10uF atau 4.7uF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top