Menu

Rangkaian Sistem Pengaman Lingkungan

Rangkaian Sistem Pengaman Lingkungan – Menjaga keamanan lingkungan adalah kewajiban setiap warga. Warga berkewajiban menjaga lingkungannya dari upaya pihak-pihak pengacau lingkungan seperti pencuri dan perampok.  Menjaga keamananlingkungan itu penting.  Karena dengan rasa aman akan membuat keadaan warga dan sekitarnya menjadi tenteram.  Hidup akan terasa nyaman.  Namun sebaliknya bila keadaan lingkungan sudah tidak aman, kehidupan pun ikut menjadi kacau.

Rangkaian Sistem Pengaman Lingkungan ini berbasis Photodiode yang dapat digunakan untuk memberikan alarm peringatan ketika seseorang melewati kawasan lindung (tempat yang dilindungi). Rangkaian ini tetap siaga melalui sinar laser atau sinar infra merah yang difokuskan pada Photodiode tersebut. Ketika sorotan sinar terganggu, alarm akan dipicu.


Rangkaian Sistem Pengaman Lingkungan ini menggunakan Photodiode PN dalam modus reverse bias untuk mendeteksi intensitas cahaya. Dengan keberadaan Laser / sinar infra merah, Photodiode bekerja dan memberikan bias dasar ke T1. T1 transistor NPN bekerja dan mengambil reset pin 4 dari IC1. IC1 adalah kabel sebagai osilator astable menggunakan R3, VR1 dan C3. Astabil hanya beroperasi ketika pin menjadi tinggi. Ketika sorotan Laser / infra merah istirahat, saat seluruh Photodiode berhenti dan T1 mati. Tegangan kolektor T1 kemudian naik dan memungkinkan IC1. Pulsa output dari IC1 mengemudikan nada speaker dan alarm akan dihasilkan. Sementara itu pemancar infra merah  dapat memancarkan sinar inframerah hingga 5 meter jika LED IR (Infra Red) diapit tabung hitam.