Menu

Rangkaian Sound Alarm Blaster

Sound Alarm BlasterRangkaian Sound Alarm Blaster – alarm ini banyak sekali fungsinya. Bisa digunakan untuk memberikan peringatan akan sesuatu bahaya. Bisa juga digunakan sebagai tanda awal dan akhir sebuah kegiatan. Atau sekedar sebagai tanda simbolis. Jadi alarm bisa diaplikasikan untuk berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan kita. Apalagi sekarang dunia elektronika semakin berkembang, tentu inovasi akan selalu terjadi setiap saat.

Dalam dunia sound sistem kita mengenal istilah sound blaster. Kali ini kita akan mencoba membuat alarm yang menggunakan sentuhan sound blaster he he he Tertarik? Lanjutin dong bacanya! Yang jelas, pastinya alarm ini beda banget dengan yang pernah Anda dengar dan lihat. Untuk sedikit gambaran tentang Rangkaian Sound Alarm Blaster ini bisa Anda pelajari gambar skemanya di bawah ini. Yuuuuu mari!!!!

Gambar Skema Rangkaian Sound Alarm Blaster

Gambar Skema Rangkaian Sound Alarm Blaster

PCB Sound Alarm Blaster

Berikut ini adalah daftar komponen yang diperlukan :
R1  = 100K
R2  = 100K
R3  = 1oK
R4  = 10K
R5  = 470 Ohm
R6  = 10K
C1  = 10uF
C2  = 0,1nF
C3  = 10uF
C4  = 200uF / 15V
RV1 = 100K
IC1 = 741
IC2 = LM386
CDS
LS  = 8 Ohm
BAT = 9 Volt

Rangkaian ini dimulai sebagai sebuah osilator sinewave. Rangkaian asli memanfaatkan thermistor sebagai elemen pengendali umpan balik. Kami mengganti fotosel untuk thermistor. Dengan cahaya ambient sekitar sirkuit bahkan tidak berosilasi karena perlawanan fotosel sangat rendah itu efektif untuk umpan balik. Kami menggabungkan output ke amplifier (LM386) dan pada pengaturan volume rendah. Sesuaikan RV1 untuk osilasi. Mungkin ada begitu banyak aplikasi untuk Rangkaian Sound Alarm Blaster ini.