Menu

Rangkaian Suara Pengaktif Lampu

Teknologi terus berkembang dan tidak pernah berhenti berinovasi. Hasil dari alih teknologi memang bertujuan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan hidup bagi umat manusia. Dengan tingkat mobilitas manusia yang semakin tinggi menuntut segala hal serba praktis dan efisien, termasuk dalam hal menyalakan lampu listrik. Kesibukan kadang membuat sebagian orang malas untuk sekedar menekan saklar guna menyalakan lampu listrik, baik di dalam kamar tidur maupun ruang kerja. Dengan Rangkaian Suara Pengaktif Lampu masalah seperti ini bisa diatasi.

Rangkaian sederhana yang ditampilkan di sini adalah gambar skema rangkaian yang bisa mengaktifkan/menghidupkan saklar dengan menggunakan suara. Kita dapat menggunakan rangkaian  ini untuk berbagai aplikasi, seperti menyalakan lampu di kamar, lampu disko otomatis atau LED light show mobil. Q1 memperkuat audio dari mic. R1 ini digunakan untuk menyesuaikan puncak sinyal lebih besar dari sekitar 0,7 volt, bertindak sebagai adjuster sensitivitas. Berikut ini adalah gambar skema Rangkaian Suara Pengaktif Lampu yang harus Anda pelajari bila ingin merakitnya.

Gambar Skema Rangkaian Suara Pengaktif Lampu
Sebuah tingkat tertentu sinyal yang datang dari mikrofon, setelah diamplifikasi oleh Q1 akan memicu SCR dan cahaya lampu I1. Jika kita mengganti lampu dengan relay, maka kita bisa mendapatkan relay / switch yang dikatifkan oleh suara yang dapat digunakan untuk mengontrol lebih kuat / tinggi watt lampu tegangan tinggi. Jika kita menggunakan relay, menempatkan 1N4007 dioda secara paralel dengan kumparan relay untuk mencegah back-emf dari kumparan relay menghancurkan SCR. Semoga deh Rangkaian Suara Pengaktif Lampu ini bermanfaat.