Menu

Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga

Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga – serangga adalah binatang kecil yang kakinya beruas-ruas, bernapas dengan pembuluh napas, tubuh, dan kepalanya berkulit keras seperti belalang, semut, lebah dan sebagainya. Serangga ada yang menguntungkan manusia dan ada pula yang merugikan. Serangga yang merugikan ini berupa serangga pengganggu dan penyebar penyakit. Serangga pengganggu dan penyebar penyakit tentunya sangat meresahkan dan menjengkelkan kita. Oleh karena itu Anda pasti ingin mengusirnya bila melihat serangga pengganggu atau penyebar penyakit sudah berkeliaran di lingkungan Anda, baik di rumah atau pun kantor.

Ada pepatah bijak bilang, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Yang menjadi masalah adalah bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. Biasanya kalau masalah dihadapi dengan kepala dingin akan didapat solusi yang baik. Nah, bila Anda ingin mengusir serangga-serangga pengganggu tersebut, coba deh menggunakan Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga. Silakan Anda pelajari melalui gambar skema di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga

Gambar Skema Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga

Ada banyak perangkat ultrasonik pengusir hama yang tersedia di pasaran tetapi kekurangan utama adalah bahwa output daya mereka rendah dan kurang efektif. Rangkaian Ultrasonik Pengusir Serangga ini  menghasilkan sinyal yang kuat untuk mengusir hama. Selain osilator frekuensi ultrasonik yang dibangun dengan CD4047, juga ada power amplifier dengan 2N3055 atau TIP31C) dan transformator yang digunakan untuk meningkatkan sinyal ultrasonik. Output dari penguat daya digabungkan ke tweeter melalui output transformator X1. Gulungan primer terdiri dari 150 liltan dari kawat 20 SWG sementara gulungan sekunder adalah 40 lilitan dari kawat 24 SWG. Aturlah potensiometer VR1 untuk efektivitas maksimum.