Menu

Skema Amplifier TOA 100, 200-1000 watt untuk Masjid

Sedikit berbagi mengenai rangkaian amplifier toa masjid barangkali ada yang membutuhkan karena mencari skema amplifier toa 200 watt memang tidak mudah. Apalagi kalau mencari gambar skema power toa 100 watt sampai 100 watt rasanya memang sulit kecuali kita merangkai sendiri komponen-komponen tersebut sesuai keinginan untuk mendapatkan tambahan daya yang paling cocok.

Kebutuhan akan perangkat yang dapat mendukung banyak speaker memang perlu ketelitian dalam memilihnya, apalagi kalau yang mau dipasang adalah horn atau toa. Tentu memerlukan daya lebih besar sehingga suara yang dihasilkan dapat maksimal.

Jenis amplifier TOA yang bagus

Sempat ada pertanyaan kepada admin mengenai jenis power amplifier yang bagus untuk toa apakah menggunakan mosfet atau transistor jengkolan. Dan banyak lagi jenis lainnya misalnya memakai IC dan trafo, hal ini tentu disesuaikan dengan keperluan yang ada.

Karena melihat dari satu sisi saja belum cukup memenuhi kebutuhan akan aplifier seperti yang di inginkan, mungkin akan sangat cocok menggunakan ampli daya besar, namun kembali lagi kepada biaya yang harus dikeluarkan juga harus tinggi.

Beberapa jenis ampli yang umum digunakan:

  1. Amplifier dengan  transistor penguat
  2. Amplifier dengan mosfet
  3. Amplifier dengan IC power / penguat

Gambar rangkaian amplifier toa power besar

Dibawah ini kami menyediakan satu skema rangkaian power amplifier yang cocok digunakan untuk keperluan toa masjid, atau perangkat lain yang membutuhkan daya besar untuk mengangkatnya.

Skema amplifier TOA lengkap dengan pre-amp dan rangkaian power supply berikut ini dapat dipahami dengan seksama karena termasuk rangkaian sederhana yang tidak  terlalu rumit jalur-jalurnya bahkan dapat dirakit sendiri.

Dari gambar diatas dapat kita lihat per blok rangkaian amplifier yang menunjukkan alur yang mudah dipahami, baik itu blok power supply, pre-amp mic sampai dengan rangkaian power amplifier. Tentu kita harus jeli dalam membaca setiap nilai komponen, yang dapat dilakukan dengan teliti sehingga dapat meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan.

Silakan zoom gambar dengan meng-klik langsung pada gambar diatas untuk memperjelas nilai masing-masing komponen. Sehingga dapat membaca dengan lebih baik karena memang tulisannya kecil namun masih dapat terbaca dengan baik kalau Anda zoom.

Memilih amplifier toa yang bagus

Dalam hal memilih jenis ampli yang bagus untuk keperluan TOA pengeras suara horn memang harus tepat. Bukan masalah seberapa besar daya atau watt yang dikeluarkan dari amplifier tersebut namun lebih jauh lagi harus menyesuaikan dengan keperluan yang ada.

Misalnnya kita akan memasang 2 toa, maka menggunakan power amplifier harus sesuai dengan kebutuhannya saja. Kalau terlalu besar tidak bagus, namun kalau minim daya juga tidak akan maksimal suara yang dihasilkan oleh toa.

Pada akhirnya semua memang disesuaikan dengan kebutuhan, dan nomor sekainnya adalah biaya yang harus dikeluarkan apakah masuk akal atau tidak, hal itu harus dipertimbangkan juga.