Menu

Skema rangkaian monitoring suhu sederhana

Membuat sendiri rangkaian monitoring suhu ruangan dengan mendeteksi perubahan temperatur panas maupun dingin menjadikan kita memiliki ide untuk membuat skema sensor suhu yang tepat sehingga dapat dibuat secara sederhana namun memenuhi keperluan yang seharusnya disediakan. Hal ini memang tidak mudah, ketika kita menginginkan rangkaian pendeteksi suhu dan cuaca mungkin akan menemukan kendala karena tidak semua yang diinginkan dapat terwujud, namun ada gambaran untuk merangkai hal itu sehingga kita dapat mewujudkannya kedalam skema yang lebih mudah dipahami.

Pada dasarnya untuk merangkai alat monitoring suhu ini diperlukan sebuah ic sebagai komponen utama dan beberapa komponen pendukung lainnya. Disini kita menggunakan IC sensor LM35 dengan 2 buah transistor untuk membuat rangkaian tersebut bekerja.

 

Selengkapnya skema rangkaian monitoring suhu

Selanjutnya output rangkaian akan dapat diukur menggunakan perangkat seperti volt meter untuk mengetahui adanya perubahan tegangan yang terjadi. Lebih jauh mengenai hal tersebut akan kita lihat pada skema dibawah ini sehingga memungkinkan untuk mengetahui lebih jauh apa yang di inginkan.

Silakan simak gambar rangkaian sensor suhu berikut:

Dari gambar skema diatas kit dapat melihat bahwa rangkaian ini memang amat sederhana, mudah dipahami dan diaplikasikan kedalam bentuk yang lebih simple. Tentu saja dengan mengetahui seperti apa kebaikan dari rangkaian tersebut maka kita memiliki bekal untuk mencapai tujuan tertentu dari apa yang patut dilakukan.

Dengan demikian memulai pembuatan dengan melarutkan pcb dan komponen yang ada akan membuat kita merasa lebih baik lagi dalam menemukan kebaikan dari apa yang patut dilakukan, sehingga pada proses selanjutnya kita dapat melihat lebih jauh kedalam tiap komponen yang memiliki peran penting dalam membentuk rangkaian tersebut sehingga dapat berfungsi penuh.

 

Daftar komponen sensor monitoring suhu diatas:

1. IC LM35: 1 buah
2. Resistor 1k, 10k: 3 buah
3. Potensiometer 10k: 1 buah
4. Transistor BC547: 2 buah
5. LED: 2 buah
6. Batetai: 1 buah

Menilik pada daftar komponen diatas memang tidak terlalu banyak sehingga kita dapat mengumpulkannya dalam waktu singkat, dengan demikian proses pembuatan sampai merangkainya akan lebih mudah dilakukan. Dengan demikian aplikasi dari rangkaian monitoring suhu ini pun dapat dilakukan lebih cepat, sehingga meskipun sederhana namun memenuhi apa yang kita inginkan dengan pembuatan sendiri.

 

Kesimpulan

Menemukan apa yang ingin dicapai dari rangkaian tentang memonitor suhu ruangan memang memerlukan aplikasi yang tidak mudah, tentu saja juga memerlukan proses rumit. Namun kita dapat mencari gambaran dari hal itu dengan membuat sendiri rangkaian dengan daftar komponen yang tidak begitu banyak, sehingga tidak menyita waktu dan tenaga untuk merangkainya, namun cukup mewakili apa yang kita kehendaki terkait rangkaian tersebut.

Selanjutnya kita akan mencari lebih banyak referensi mengenai alat pendeteksi suhu dan memonitor perubahan yang terjadi sehingga dapat menemukan apa yang di inginkan dalam waktu dekat.