Menu

Skema rangkaian perekam suara sederhana

Memahami lebih jauh mengenai rangkaian perekam suara sederhana mengingatkan kita pada perangkat recorder menggunakan ic sebagai komponen utamanya, namun dapat dibuat sekecil mungkin sehingga lebih mudah dibawa dan tidak mengganggu. Sehingga skema perekam suara dan cara membuat yang benar dapat kita terapkan dengan cepat, dan pada akhirnya akan dapat berguna dalam kehidupan masing-masing, tentu dalam berbagai keperluan kehidupan.

Bicara soal alat perekam suara memang penting gak penting, sebenarnya kita dapat menggunakan hp atau smartphone sebagai alternatif untuk merekam suara. Namun tentu hasil  yang didapatkan tidak sebaik perangkat yang khusus digunakan untuk merekam suara atau alat recorder. Hal ini karena rangkaian recorder yang khusus dibuat memiliki komponen tersendiri yang memang sesuai sebagai alat merekam suara, tidak seperti hp yang memiliki multi fungsi namun tentu ada keterbatasan sendiri.

 

Skema perekam suara dengan 1 IC

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengenalkan satu buah perangkat recorder yang cukup mumpuni, memiliki teknologi baru dengan penggunaan ic tunggal sebagai komponen utama dari alat tersebut. Sehingga keperluan merekam suara dalam wawancara atau keperluan lainnya jadi lebih mudah dan memperoleh hasil yang lebih baik daripada alat yang biasa digunakan sebagai alternatifnya.

Pembuatan alat recorder inipun tergolong tidak sulit mengingat komponen yang digunakan juga tidak terlalu banyak, mungkin yang sedikit terkendala adalah saat kita ingin mendesain alat tersebut dengan ringkas karena harus menggambar jalur pcb se-efisien mungkin sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk yang di inginkan.

 

 

Berikut daftar komponen skema alat perekam diatas:

Resistor:
680R blue grey brown (R5 R6)
1K brown black red (R7)
4K7 yellow violet red (R2)
10K brown black orange (R8 R9)
22K red red orange (R3 R4)
100K brown black yellow (R10 R11)
470K yellow violet yellow (R1)

Capacitor:
0.1 Monoblock 104 (C1 C2 C4 C6)
1uF electrolytic mini (C7)
4.7uF elcap (C8)
100uF elcap (C3)
220uF elcap (C5)

Transistor:
BC547 (Q1 Q2)
BC557 (Q3)

Kompoenen penting lain:
IC + SOCKET ISD25120
DIODE 1N4148
2 pole terminal block
Electret Microphone 1
Hat keyswitch
5mm LED
SPDT PCB mounted switch

Membuat alat perekam suara sederhana dengan satu buah ic seperti diatas memang memerlukan ketelitian dan kreatifitas tersendiri sehingga kita dapat menjadikan skema tersebut menjadi alat yang berguna dan memenuhi keinginan kita.

Pada akhirnya tentu akan dapat dimanfaatkan dengan seksama, sehingga menghasilkan rangkaian yang efisien, efektif dan dapat berguna membantu keperluan harian kita. Membuat alat recorder sendiri tentu ada kepuasan dalam hati karena kita dapat merakit alat tersebut meski dengan alat dan bahan seadanya dan menemukan kepuasan dalam hal pembuatan yang tidak terikat pada desain pabrik.