Menu

Skema Rangkaian Speaker Aktif Mini untuk HP, Laptop, dan Komputer

Bagaimana cara merakit speaker aktif mini untuk HP dan komputer dirumah? Sebagian orang mungkin masih penasaran dengan gambar skema speaker aktif mini untuk laptop yang dapat kita buat sendiri dirumah sehingga memberikan inspirasi untuk lebih baik lagi dalam merakit rangkaian amplifier seperti halnya yang sudah pernah dibahas dalam tulisan terdahulu.

Memang kita memiliki pilihan untuk membeli rakitan speaker aktif yang sudah jadi, kemudian tinggal dirakit sendiri dengan membeli komponen lainnya. Namun pasti ini sangat tidak menyenangkan karena kita tidak dapat menikmati setiap proses dari kemudahan tersebut, yang pada akhirnya akan menghilangkan keasikan dalam membuat bermacam-macam bahan dan alat dalam merakit perangkat elektronika.

 

Memilih spesifikasi speaker aktif mini

Kalau kita cermati sebenarnya terdapat banyak sekali pilihan diluar sana dalam membuat rangkaian speaker aktif yang baik, akan seperti apa dan berawap watt daya yang dikeluarkan itu tergantung selera masing-masing, dan yang lebih penting lagi disesuaikan dengan keperluan kita.

Yang lebih mengerti dengan kebutuhan akan speaker aktif tersebut sebenarnya adalah kita sendiri, melihat seperti apa kemampuan penguatan dari speaker aktif yang di inginkan, kemudian menyusun anggaran untuk pembuatannya. Akhirnya kita dapat menentukan akan seperti apa proses pembuatan tersebut yang tidak memakan biaya banyak dan dapat berguna dengan efisien.

Berikut beberapa pertimbangan sebelum membuat speaker aktif:

  1. Keperluan, untuk apa kita menggunakan speaker aktif tersebut? Keperluan untuk dikamar, dikantor, diluar ruangan, atau di luar rumah. Tentu membutuhkan spesifikasi yang tidak sama
  2. Anggaran dana, seberapa besar modal yang hendak kita gunakan untuk membuat speaker aktif? Hal ini akan menentukan spek dan harga yang akan kita belanjakan sehingga efisien dan tepat guna
  3. Karakter suara yang seperti apa yang kita inginkan? Ini juga berpengaruh, karena komponen komponen akan berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan
  4. Dan masih banyak lagi, tentu melihat situasi dan kondisi

Dari beberapa poin diatas saja kita sudah dapat melihat seperti apa bentuk dan gambaran dari speaker aktif yang hendak kita rakit. Tentu saja masih banyak pertimbangan lain yang patut diperhatikan sebelum akhirnya memutuskan memilih rangkaian speaker aktif yang paling sesuai.

 

Skema speaker aktif mini untuk laptop atau HP

Dalam memilih skema speaker aktif mini yang hendak kita gunakan akan menentukan tingkat kesulitan dalam merakit dan membuatnya. Ini karena komponen dan jalur rangkaian dari speaker tersebut juga sangat menentukan sehingga kita patut mengetahui lebih jauh sebelum membuatnya.

Berikut ini salah satu rangkaian speaker aktif yang memiliki daya tidak terlalu besar sehingga dapat digunakan untuk keperluan laptop, didalam ruangan maupun untuk digunakan untuk menguatkan suara dari HP.

Dari gambar diatas kita dapat melihat skema spaker aktif mini dengan menggunakan IC TDA2822M yang merupakan komponen pokoknya. Tentu saja skema tersebut diambil karena paling mudah dipahami dan dengan menggunakan komponen yang tidak begitu banyak, sehingga kita dapat merakit sendiri dengan lebih mudah.

Skema speaker aktif sederhana yang dimaksudkan disini tentu saja yang lebih mudah dibaca rangkaiannya, dan juga ketika kita hendak membuatnya tidak menemukan kesulitan yang berarti sehingga dapat membuat sendiri dirumah.

Demikian apa yang kami sampaikan mengenai speaker aktif mini sederhana untuk handphone dan komputer Anda, mengenai masing-masing komponen yang ada silakan dapat dibaca sendiri dengan memahami dari skema diatas.