Menu

Skema Sensor untuk menggerakkan kipas dan mematikan otomatis

Seperti apakah rangkaian sensor menggerakkan kipas otomatis menggunakan perubahan temperatur pada ruangan? Memiliki karya sendiri dari skema sensor untuk mematikan kipas otomatis dan menghidupkan kipas kembali tanpa menyentuh tombol power adalah sebuah kebanggaan. Hal ini menjadi dasar bagi kita untuk membuat rangkaian sensor penggerak kipas yang lebih canggih, tentunya dengan anggaran lebih banyak sehingga diperoleh fungsi yang lebih baik lagi daripada rangkaian sensor kipas mati sederhana.

Sensor untuk menghidupkan kipas otomatis salah satunya dapat dilihat pada fungsi yang dimiliki oleh thermistor, dimana komponen ini dapat mendeteksi perubahan suhu ruangan sehingga membuatnya berubah nilai tahanan, yang selanjutnya karakteristik ini dapat digunakan untuk bermacam keperluan, seperti sebagai sensor menyalakan ac otomatis, mengontrol rangkaian lain sampai membuat kita mati apabila temperatur yang sudah dikehendaki sebelumnya.

Seperti apa contoh rangkaian sensor suhu sederhana yang dapat kita lihat? Sebenarnya ada banyak macam rangkaian yang memiliki untuk mendeteksi perubahan suhu dalam ruangan. Namun kali ini kita khusus akan membahas yang berhubungan dengan thermistor, dan digunakan khusus untuk menggerakkan relay, karena selanjutnya dari relay tersebut dapat diperoleh bermacam fungsi lainnya yang berhubungan dengan saklar otomatis.

 

Rangkaian sensor menggerakkan kipas dengan relay

Salah satu contoh rangkaian untuk menghidupkan kipas dengan relay adalah seperti dibawah ini, dapat dilihat dari adanya skema yang nampak sederhana namun memiliki fungsi dasar sangat penting. Sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain yang berhubungan dengan banyak hal dalam kehidupan kita.

Amat penting untuk memahami lebih jauh mengenai rangkaian ini, sehingga dapat memberikan inspirasi baru dalam menemukan ide menarik mengenai rangkaian yang hendak kita buat sehingga berfungsi dengan baik. Tidak ada yang menghendaki keadaan semakin sulit, namun dengan mencoba membuat sendiri sensor penggerak kipas ini maka akan menguji kemampuan kita dalam hal rakit merakit sebuah rangkaian elektronika.

Silakan dicermati pada skema dibawah ini:

Dari gambar diatas dapat dilihat komponen utama sensor suhu sederhana adalah menggunakan 1 buah IC, dengan 1 buah thermistor dan 1 buah relay sebagai penggerak saklar otomatis. Hal ini dapat dilihat kembali dengan memeriksa skema yang ada dan bagaimana komponen tersebut dapat tergabung dalam rangkaian yang akhirnya membuatnya bekerja optimal.

Kita dapat merakit sendiri rangkaian sensor tersebut dengan menggunakan pcb yang digambar kemudian diberikan cairan sehingga dapat larut dan membentuk jalur tembaga sesuatu layout yang sudah ditentukan. Namun akan lebih baik kalau dapat mengoptimalkan sendiri tata letak masing-masing komponen sehingga menghemat tempat dan dapat memberikan kesan yang lebih baik dari apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Untuk memperoleh fungsi yang lebih baik dari sebelumnya, tentu diperlukan penyempurnaan sehingga mendapatkan rangkaian yang lebih baik, dengan beberapa pertimbangan yang akhirnya membuat kita mengerti apa  yang harus dilakukan dan bagaimana mendapatkan rangkaian terbaik. Selanjutnya tinggal menghubungkan saklar pada kipas sehingga kita tidak perlu lagi menyalakan kipas secara manual namun dengan  memanfaatkan sensor panas pada rangkaian tersebut.