Menu

Bunyi Noise Pada Speaker Aktif / Suara Berdengung / Berdesis Hilang dengan Cara Ini

Penyebab bunyi noise pada speaker



Bunyi noise pada speaker aktif bisa saja muncul saat speaker sedang digunakan pada volume rendah maupun pada saat volume tinggi, untuk speaker aktif  yang sudah berumur lebih rentan mengalami keluhan noise atau suara berdengung ini.

Ada beberapa sebab amplifier berdesis atau speaker aktif mengeluarkan noise desis padahal rangkaian yang kita gunakan sudah disempurnakan sebisa mungkin. Ini dapat kita deteksi darimana penyebab noise tersebut berasal, sehingga tidak ada keluhan lagi untuk menghilangkannya karena kita tahu pasti apa yang harus dilakukan terkait keadaan tersebut.

  1. Bagian input bermasalah, input bermasalah dapat menyebabkan dengung serius pada speaker aktif. Biasanya terjadi saat konektor input sudah aus karena usia pemakaian, atau kabel yang tersambung tidak sempurna dengan kata lain sudah mau putus bagian konduktornya. Ini dapat menyebabkan dengung, bisa pula karena jack rca atau jack model lain untuk input sudah longgar.
  2. Bagian power supply kelebihan bebab, ini terjadi saat power supply yang digunakan tidak memenuhi syarat. Dengan kata lain blok amplifier dan tone control dari speaker aktif tersebut kurang tegangan supply, maka akan mengakibatkan dengung yang konstan, mengganggu, dan semakin jelas saat volume ditambah.
  3. Kurangnya sistem grounding, ini sering ditemukan pada blok tone control yang kurang tergrounding. Silakan pasang ground pada body potensio, body konektor, dan kabel kabel yang saling terhubung dengan PCB terpisah pastikan dihubungkan dengan ground.
  4. Bagian amplifier mengalami kebocoran tegangan, ini terjadi saat ada tegangan DC yang bocor pada blok power amplifier. Seharusnya bagian penguat akhir ini tidak ada aliran arus atau tegangan DC, namun saat ada kebocoran maka akan menyebabkan dengung, bahkan suara yang dihasilkan akan pelan sekali kalah oleh noise yang ditimbulkan.
  5. Tata letak antar blok rangkaian kurang bagus. Kalau kita tidak tepat dalam menentukan tata letak pada masing-masing blok speaker aktif maka hal itu juga akan dapat menyebabkan suara noise yang sangat kentara. Pastikan sebelum menutup box speaker untuk memasang tiap blok misalnya blok power supply agar berjauhan dengan blok amplifier karena ini dapat menyebabkan noise saat saling berdekatan.

 

Cara mengatasi noise dengung, desis, atau suara gangguan pada speaker aktif

Menghilangkan noise yang timbul pada speaker aktif sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah saat kita tahu penyebabnya. Maka dari itu silakan pastikan bagian mana yang bermasalah seperti pada ulasan diatas. Lalu kita dapat mendeteksi antar bagian sehingga tidak ada lagi kendala noise pada rangkaian speaker aktif tersebut.

Misalnya dengan memasang grounding antar blok dan antar body komponen, menghubungkannya dengan kabel ground sehingga tidak ada lagi komponen yang tak terhubung dengan jalur ground.

Apabila yang bermasalah adalah bagian trafo power supply maka silakan diganti menggunakan trafo dengan ukuran ampere yang memadai sehingga tidak ada lagi yang namanya kekurangan tegangan. Penting pula untuk memastikan tegangan DC yang dihasilkan bersih dari noise sehingga akan baik bila digunakan untuk mensupply tone control  maupun blok amplifier.